Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Zona Hukum: Jurnal Hukum?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES

Format

  1. Sistematika penulisan sekurang-kurangnya mencakup Pendahuluan, Telaah Literatur dan Pengembangan Hipotesis (untuk penelitian kualitatif hanya telaah literatur), Metode Penelitian, Hasil dan Analisis, Simpulan, dan Daftar Pustaka. Terima Kasih/Penghargaan (apabila ada) diletakkan setelah Simpulan dan sebelum Daftar Pustaka.
  2. Artikel diketik dengan huruf ukuran 12 point dengan jarak baris dua pada kertas A4, kecuali untuk kutipan langsung yang diketik dengan jarak baris satu dan dengan indented style.
  3. Batas atas, bawah, sisi kiri dan kanan sekurang-kurangnya 2,5 cm.
  4. Artikel ditulis seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan, dengan panjang artikel berkisar 25-30 halaman.
  5. Semua halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut halaman.

 

Sistematika Penulisan Artikel

  1. Abstrak

Abstrak terdiri dari 100-200 kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak memberikan ringkasan atas tujuan artikel, metode, dan simpulan artikel. Abstrak diikuti dengan kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.

  1. Pendahuluan

Bagian ini berisi tentang latar belakang penelitian, tujuan penelitian, dan kontribusi penelitian.

  1. Metode Penelitian

Bagian ini memuat rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, model penelitian, dan teknik analisis.

  1. Hasil dan Pembahasan

Bagian ini memuat hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan menginterpretasikan temuan-temuan.

  1. Simpulan

Menyajikan kesimpulan penelitian dan keterbatasan penelitian.

  1. Saran

Saran untuk penelitian selanjutnya.

  1. Daftar Pustaka

Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel.

 

Tabel dan Gambar (Grafik)

  1. Tabel dan gambar disajikan seefisien mungkin (hanya yang menyajikan hasil) dan dimasukkan ke dalam naskah. Tabel dan gambar yang disajikan dalam lampiran adalah yang menunjukkan proses pengolahan data.
  2. Tabel dan gambar diberi nomor urut dan judul lengkap yang menunjukkan isi dari tabel atau gambar.
  3. Referensi terhadap tabel atau gambar harus diberikan pada naskah.
  4. Penulis menyebutkan pada bagian di dalam naskah, tempat pencantuman tabel atau gambar.
  5. Tabel atau gambar sebaiknya dapat diinterpretasikan tanpa harus mengacu ke naskah.
  6. Sumber Tabel dan Gambar harus disertakan.
  7. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak.

 

 

Kutipan

Kutipan dalam teks ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun tanpa koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.

  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Syafruddin 2001); dengan dua penulis: (Habbe dan Hartono 2000); lebih dari tiga penulis: (Budiono et al. 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang berbeda: (Mardiyah 2001; Kusumawati 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang sama: (Djakman 1998, 2000).
  2. Jika kutipan disertai nomor halaman: (Brownell 1981, 845).
  3. Jika pada referensi terdapat penulis dengan lebih dari satu artikel pada tahun yang sama, maka pada kutipan gunakan huruf a, b, … setelah tahun. Contoh: (Joni 1999a, 1999b) atau (Joni 1999a, Daud 2000b).
  4. Jika nama penulis disebutkan pada teks, maka nama tidak perlu disebutkan pada kutipan. Contoh: “Alamsyah (1998) menyatakan ...”
  5. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya, (IAI 1994).

 

Referensi

Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang

disusun alfabetis sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi. Contoh:

 

Buku

Satu Penulis

Adwani. 2017. Hukum Laut Internasional, Banda Aceh, Fakultas Hukum Unsyiah Press.

Diantha, I Made Pasek. 2005. Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia Berdasarkan Konvensi Hukum Laut PBB 1982, Bandung, Mandar Maju.

Kusumaatmadja,  Mochtar.  2004.  Konsep-Konsep Hukum dalam Pembangunan, Bandung, Alumni.

Silalahi, M. Daud. 2001. Hukum Lingkungan dalam Sistem Penegakan Hukum Lingkungan Indonesia, Bandung, Alumni.

Thamrin, Tanty S. Reinhart. Penegakan Hukum Laut terhadap Illegal Fishing, Bahan RTD Penegakan Hukum Maritime terhadap Praktik Illegal Fishing di Indonesia, Lemhanas-RI, 16 Juni 2016.

Thontowi, Jawahir. 2005. Hukum Internasional di Indonesia Dinamika dan Implementasi dalam Beberapa Kasus, Yogyakarta, Madyan Press.

 

Dua sampai 4 Penulis

Cooper, D. R. and P. S. Schindler. 2001. Business Research Method. New York: Mc Graw Hill.

Guan, L., D. R. Hansen, and M. M. Mowen. 2009. Cost Management. Mason: South Western.

 

Lebih dari 4 Penulis

Booth, W. C. et al. 1995. The Craft of Research. Chicago: University of Chicago Press.

 

Penulis Institusi

Ikatan Akuntan Indonesia. 2004. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Divisi Penerbitan IAI.

 

 

Jurnal

Adwani. 2016. “Local Government Role in the Solving of Catching Fish Illegally in Aceh Region”. Jurnal Dinamika Hukum. Vol. 16, No. 1.

Adwani.  2011.  “Perlindungan  Sumber  Daya Perikanan Laut Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Pemerintah Daerah di Perairan Laut Wilayah Provinsi Aceh”. Jurnal Media Hukum. Vol. 18, No. 2.

Lestari, Maria Maya. 2014. “Penegakan Hukum Pidana Perikanan di Indonesia Studi Kasus Pengadilan Negeri Medan”. Jurnal Ilmu Hukum. Vol. 3 No. 2.

 

Makalah

Adwani,  “Pelaksanaan  Yurisdiksi  Territorial Terhadap Kapal-Kapal Perikanan Asing di Perairan Pedalaman Barat Aceh”, Laporan Penelitian, (Dosen Muda), Universitas Syiah Kuala, Darussalam, 2001.

Agoes, Etty R., “Dimanakah Batas-Batas laut Kita”, Makalah, Departemen Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Desember 2000.

Rizal, Syamsul, “Peranan Pemodelan laut Pada Pembangunan Bidang Kelautan dan Perikanan Di Indonesia”, Pidato Pengukuhan Guru Besar, Universitas Syiah Kuala, Darussalam, 2010.

 

Website

Australian Bureau of Statistics. 2000. 1996 Census of Population and Housing: Northern (Statistical  Division)  Queensland.  Diunduh  tanggal  19  Agustus  2001, http://www.abs.gov.au.

Bond, T. 2004. ED1401: Childhood and Adolescence, week 12 notes. Diunduh tanggal 25 Februari 2005, http://learnjcu2004.jcu.edu.au.

 

Workshop/Seminar

Abbott, K. and J. Seymour. 1997. Trapping The Papaya Fruit Fly in North Queensland. Paper presented at the Australian Entomological Society Conference, Melbourne.

Fitriany dan D. Sari. 2008. Studi atas Pelaksanaan PBL dan Hubungannya dengan Prestasi Mahasiswa. Paper dipresentasikan pada acara Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

 

Tesis/Disertasi/Working Paper

Utama, S. 1996. The Association between Institutional Ownership and Trading Volume Reaction to Annual Earnings Announcements. Ph.D Dissertation, Texas A&M University.

Chambers, D. J. 2003. Earnings Persistence and Accrual Anomaly. Working Paper, University of Illinois at Urbana-Champaign.

Chan, K., L. Chan, N. Jegadeesh, and J. Lakonishok. 2004. Earnings Quality and Stock Returns. Working Paper, University of Illinois at Urbana-Champaign.

 

Konvensi, Undang-Undang dan Peraturan

Konvensi Hukum Laut PBB 1982 tentang Hukum Laut (UNCLOS).

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh

Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 18/Permen-KP/2013 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor Per.02/Men/2011 tentang Jalur Penangkapan Ikan dan Penempatan Alat Penangkapan Ikan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara RI

 

 

Catatan Kaki

Catatan kaki dipergunakan hanya untuk memberikan penjelasan/analisis tambahan, yang apabila digabung ke naskah akan mengganggu kontinuitas naskah. Dengan demikian catatan kaki tidak dipergunakan untuk referensi. Catatan kaki harus diberi nomor urut dicetak superscript. Teks dari catatan kaki ditempatkan langsung pada halaman yang terdapat nomor superscript.

 

Kebijakan tentang Plagiarisme

Setiap penulis yang menyerahkan artikel ke Zona Hukum harus membuat surat pernyataan bahwa naskahnya bebas dari plagiarisme dan tidak sedang dipertimbangkan dan dimuat dalam jurnal lain.

 

Kebijakan Reproduksi

Artikel yang telah dipublikasi di Zona Hukum menjadi hak cipta LPPM Universitas Batam. Untuk tujuan edukatif, isi dari Zona Hukum dapat dikopi atau direproduksi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada Editor untuk memperoleh ijin mereproduksi isi dari Zona Hukum untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif.

 

Kebijakan atas Ketersediaan Data

Konsisten dengan tujuan dari Zona Hukum, penulis artikel diharapkan dapat memberikan data yang dimilikinya kepada yang memerlukannya dan memberikan informasi cara memperoleh data tersebut. Jika artikel menggunakan pendekatan survei atau eksperimen, maka seluruh instrumen (kuesioner, kasus, rencana wawancara, dan lainnya) harus dilampirkan.

 

Pengiriman Artikel

Artikel dikirim dalam bentuk softcopy (tanpa identitas penulis) dan dilengkapi dengan CV singkat penulis serta instrumen penelitian (kuesioner, hasil wawancara, dan lain-lain). Artikel dikirim melalui website Zona Hukum dengan memilih menu Submit Paper dan akan diproses menggunakan aplikasi Open Journal System (OJS). Petunjuk penggunaan OJS untuk penulis dapat dilihat pada menu OJS Guidelines.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Redaksil Zona Hukum menerima manuskrip dalam bidang yang berkaitan aspek tehnik sipil yang mengkaji persoalan hukum dan pidana.
  2. Manuskrip ilmiah tidak mengandung unsur plagiarisme. Manuskrip juga harus memenuhi pedoman penulisan naskah dan belum pernah atau tidak dalam proses publikasi pada media lain, baik cetak maupun elektronik.
  3. Dewan Redaksi memiliki kewenangan penuh dalam menyeleksi manuskrip yang masuk. Seleksi terhadap naskah ilmiah yang masuk akan dilakukan secara tertulis dan obyektif.
  4. Manuskrip yang dimuat dalam Zona Hukum tidak otomatis mencerminkan pandangan Program studi Hukum Universitas Batam
  5. Manuskrip ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan jenis huruf Times New Roman 12 dan jarak spasi  1. Ukuran kertas yang digunakan A4 dengan format dua kolom. Panjang naskah ilmiah setara dengan 5-15 halaman, termasuk gambar, grafik, atau tabel.
  6. Manuskrip yang akan dimuat dalam jurnal harus telah dilengkapi dengan surat pernyataan pengalihan hak cipta.
  7. Semua Manuskrip yang masuk harus mengikuti format template naskah yang terdapat pada bagian akhir pedoman ini.
 

Copyright Notice

Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Hukum. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta b ke alamat redaksi Zona Hukum

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.