PERANCANGAN ALAT UJI VORTEX BEBAS DAN VORTEX PAKSA

Authors

  • Fajar Sumantri Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Batam, Jl. Kampus Abulyatama No. 5 Batam Center, Batam, 29464, Indonesia
  • Muhamad Fitri Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Batam, Jl. Kampus Abulyatama No. 5 Batam Center, Batam, 29464, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37776/zm.v8i2.141

Abstract

Vortex adalah massa fluida yang partikel-partikelnya bergerak berputar dengan garis arus (streamline) membentuk lingkaran konsentris. Gerakan vortex berputar disebabkan oleh adanya perbedaan kecepatan antar lapisan fluida yang berdekatan. Dapat diartikan juga sebagai gerak fluida yang diakibatkan oleh parameter kecepatan dan tekanan. Vortex sebagai pusaran yang merupakan efek dari putaran rotasional dimana viskositas berpengaruh di dalamnya. Aliran vortex berupa aliran free vortex atau forced vortex. Tujuan dari perancangan ini adalah merancang suatu alat uji vortex yang menentukan sistem kerja alat agar bisa digunakan untuk mengamati vortex bebas dan vortex paksa pada air. Alat uji vortex ini dirancang dengan kecepatan air keluar tangki 2,425 m/detik dan debit aliran air yang keluar tangki 73,8 liter/menit. Pompa harus disiapkan untuk bisa mengganti fluida yang keluar, karena itu harus dipilih pompa yang memiliki head jauh di atas debit hasil perhitungan tersebut dipilih pompa dengan debit 100 liter/menit, maka dipilih pompa pertama adalah speroni model SP 175 dengan spesifikasi: debit 100 liter/menit, head 36 meter dan pompa kedua adalah shimizu model PS-116 BIT dengan spesifikasi: debit 10-24 liter/menit, head 22-9 meter  Menggunakan casing berpenampang lingkaran yang terbuat dari akrilik sebagai tempat terjadinya fenomena vortex, dan pipa pvc dengan dimensi 1 inchi yang mengaliri air ke tabung akrilik.

Author Biographies

Fajar Sumantri, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Batam, Jl. Kampus Abulyatama No. 5 Batam Center, Batam, 29464, Indonesia

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik

Muhamad Fitri, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Batam, Jl. Kampus Abulyatama No. 5 Batam Center, Batam, 29464, Indonesia

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik 

References

Batchelor, G. K, 1967, An Introduction to Fluid Dynamics, Cambridge University.

Chuch, A.H, 1996, Pompa dan Blower Sentrifugal, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Daugherty.L.R., and J.B. Franzini, FLUID MECHANICS, 6th edition, Mc Graw Hill, Newyork, 1965.

Dietzel, F, 1990, Turbin pompa dan Kompresor, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Olson.M.Reuben., Wright.J.Steven., diterjemahkan Alex Tri Kanjtono Widodo, DASAR – DASAR MEKANIKA FLUIDA TEKNIK, Edisi Kelima, Cetakan 1, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1993.

Posdam J Sihombing, Ray dan Gultom Syahril, 2014, Analisa Efisiensi Vortex Dengan Casing Bernampang Lingkaran Pada Sudu Berdiameter 56 Cm Untuk Variasi Jarak Sudu Dengan Saluran Keluar.

Satmoko, Ari, Santoso, Puji dan Tukiman, 2013, Laporan Teknis Desain Rinci Irradiator Gamma Kapasitas 200 Kci untuk Irradiasi Bahan Pangan Hasil Pertanian, PRPN – BATAN, Serpong.

Sularso, Haruo Tahara, 1994, Pompa dan Kompresor, Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan, PT.Pradnya Paramita, Jakarta.

Streeter.V.L., Wylie Benyamin.E., diterjemahkan Arko Priyono, MEKANIKA FLUIDA, Edisi Kedelapan, Jilid 1, Erlangga, Jakarta, 1999.

U. P. J. Praing, Heryanto, 2010, Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Flowmeter pada Proses Custody Transfer Aliran Fluktuatif di Laboratorium INDI TF, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Downloads

Published

2019-08-01

Issue

Section

Articles