PERENCANAAN GRAVING DOCK / DOCK GALI DENGAN KAPASITAS KAPAL 5000 DWT

Authors

  • Rahmad Wahyu Hidayat Teknik sipil,teknik. Universitas Batam,Jl. Abulyatama,Batam
  • Januarto Januarto Teknik sipil,teknik. Universitas Batam,Jl. Abulyatama,Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/zs.v6i3.111

Abstract

Dalam perencanaan Graving dock banyak hal terpenting dalam pertimbangan yang harus dilakukan dan pemahaman terhadap metode teknis yang harus diketahui. Seperti beberapa hal kondisi dock saat kapal berada dalam dock yang terisi fluida untuk keseluruhan struktur dock akan mengalami tekanan yang bekerja kesegala arah secara seimbang dan tekanan jenis ini disebut sebagai “hydrostatic stress†atau “uniform stressâ€, saat kondisi Dock kosong tetapi hanya ada kapal, pada dinding dock akan mengalami hydrostatic pressure, pada pelat dock akan mengalami tekanan dari berat sendiri kapal yang disalurkan olek keel blok beton pada lantai dock. Saat kodisi dock harus berada pada keadaan kosong/ kering berarti ada tekanan hidrostatis uplif / tekanan keatas air yang disebut dengan gaya apung (uplif)  terjadi gaya-gaya yang sangat besar pada seluruh kontruksi dock.Perencanaan dinding dry dock di desain berdasarkan perhitungkan gaya lateral tanah yang telah dilakukan penyelidikan dan hasil laboratorium dan bedasarkan beban yang bekerja diatas dinding dry dock. Struktur dinding dry dock ini direncanakan setinggi 9,7 m, dan direncanakan dengan beton bertulang dan menggunkan sistim counterford yang di lengkapi dengan kolom pengaku (rib). Adapun perencanaan dinding dry dock ini meliputi beberapa hal yaitu Perhitungan tekanan tanah aktif, tekanan tanah diam, perhitungan berat sendiri struktur, perhitungan momen, kontrol kestabilan terhadap geser (sliding) dan guling (overturning) dan perencanaan pembesian.Berdasarkan hasil analisa perhitungan bahwa perencanaan dinding dry dock tersebut aman terhadap penggeseran gulingan dan stabilitas terhadap daya dukung tanah. Saat kondisi dock kosong pelat yang direncakan mampu menahan takan hidrostatik presuure (uplift) dengan menambahkan gaya gesek pada tiang pancang untuk melawan tekan uplift yang diberikan pada pelat dock.

Author Biographies

Rahmad Wahyu Hidayat, Teknik sipil,teknik. Universitas Batam,Jl. Abulyatama,Batam

Teknik sipil, Fakultas Teknik

Januarto Januarto, Teknik sipil,teknik. Universitas Batam,Jl. Abulyatama,Batam

Teknik sipil,Fakultas Teknik

References

Asroni, Ali. 2010. Kolom Fondasi & Balok T Beton Bertulang. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Asroni, Ali. 2010. Balok dan Pelat Beton Bertulang edisi pertama.. Graha Ilmu: Yogyakarta.

E. Bowles, Joseph. 1999. Analisa Dan Desain Pondasi Edisi Revisi Jilid 2. Erlangga: Jakarta.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2011. Teknik Pondasi 1 Edisi Kedua. Gadjah mada university press : Yogyakarta.

Huda, Miftahul. 2006. Keseimbangan Gaya Hidrostatis Dan Beban Kontra Pancang Pada Bangunan Graving Dock. Majalah Ilmiah Teknik Sipil: Surabaya.

Redana, I Wayan. 2009. Teknik Pondasi. Udayana University Press: Denpasar-Bali.

Sosrodarsono, Suyono. 1980. Mekanika Tanah & Teknik Pondasi. PT. Pradnya Paramita: Jakarta.

Published

2019-04-25

Issue

Section

Articles