Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES

Ketentuan Umum

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sesuai dengan format yang ditentukan.
  2. Abstrak ditulis dalam bahasa inggris
  3. Penulis mengirim tiga eksemplar naskah dan satu soft copy ,yang berisikan naskah tersebut kepada redaksi. Satu eksemplar dilengkapi dengan nama dan alamat sedang dua lainnya tanpa nama dan alamat yang akan dikirim kepada mitra bestari. Naskah dapat dikirim juga melalui e-mail.
  4. Naskah dan soft copy dikirim kepada Editor

Jurnal Ilmiah Zona Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Batam

Jl. Abulyatama No. 5 Batam 29400

Telp. 0778 7485055   Fax 0778 7485054

Email: [email protected]

 

Standar Penulisan

  1. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word pada ukuran kertas A4 berat 80 gram, jarak 2 spasi, jenis huruf Times New Roman berukuran 12 point, margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm.
  2. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan. Gambar dan tabel dikelompokkan bersama pada lembar terpisah di bagian akhir naskah.
  3. Angka dan huruf pada gambar, tabel, atau histogram menggunakan jenis huruf Times New Roman berukuran 10 point.
  4. Naskah ditulis maksimum sebanyak 15 halaman termasuk gambar dan tabel.

 

Urutan Penulisan Naskah

  1. Naskah hasil penelitian terdiri atas judul, nama penulis, alamat penulis, abstrak, pendahuluan, materi dan metode, hasil, pembahasan, ucapan terima kasih, dan daftar pustaka.
  2. Naskah kajian pustaka atas judul, nama penulis, alamat penulis, abstrak, pendahuluan, masalah dan pembahasan, ucapan terima kasih, dan daftar pustaka.
  3. Judul ditulis singkat, spesifik, dan informatif yang menggambarkan isi naskah maksimal 15 kata. Untuk kajian pustaka, di belakang judul harap ditulis suatu kajian pustaka. Judul ditulis dengan huruf kapital dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 14 point, jarak satu spasi, dan terletak di tengah-tengah tanpa titik.
  4. Nama penlis ditulis lengkap tanpa gelar akademis disertai alamat institusi enulis yang dilengkapi dengan nomor kode pos, nomor telepon, fax, dan e-mail.
  5. Abstrak ditulis dalam satu paragraf tidak lebih dari 200 kata menggunakan bahasa Inggris. Abstrak mengandung uraian secara singkat tentang tujuan, materi, metode, hasil utama, dan simpulan yang ditulis dalam satu spasi.
  6. Kata kunci (keywords) ditulis miring, maksimal 5 (lima) kata, satu spasi setelah abstrak.
  7. Pendahuluan berisi latar belakang, tujuan, dan pustaka yang mendukung. Dalam mengutip pendapat orang lain dipakai sistem nama penulis dan tahun. Contoh: Ircham Machfoedz (2010); Suharto dkk. (2004).
  8. Materi dan metode ditulis lengkap.
  9. Hasil menyajikan uraian hasil penelitian sendiri. Deskripsi hasil penelitian disajikan secara jelas.
  10. Pembahasan memuat diskusi hasil penelitian sendiri yang dikaitkan dengan tujuan penelitian (pengujian hipotesis). Diskusi diakhiri dengan simpulan dan pemberian saran jika dipandang perlu.
  11. Pembahasan (review/kajian pustaka) memuat bahasan ringkas mencakup masalah yang dikaji.
  12. Ucapan terima kasih disampaikan kepada berbagai pihak yang membantu sehingga penelitian dapat dilangsungkan, misalnya pemberi gagasan dan penyandang dana.
  13. Ilustrasi:
    1. Judul tabel, grafik, histogram, sketsa, dan gambar (foto) diberi nomor urut. Judul singkat tetapi jelas beserta satuan-satuan yang dipakai. Judul ilustrasi ditulis dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 10 point, masuk satu tab (5 ketukan) dan pinggir kiri, awal kata menggunakan huruf kapital, dengan jarak 1 spasi).
    2. Keterangan tabel ditulis di sebelah kiri bawah menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 point jarak satu spasi.
    3. Penulisan angka desimal dalam tabel untuk bahasa Indonesia dipisahkan dengan koma (,) dan untuk bahasa Inggris digunakan titik (.).
    4. Gambar/grafik dibuat dalam program Excel.
    5. Nama Latin, Yunani, atau Daerah dicetak miring sedangkan istilah asing diberi tanda petik.
    6. Daftar Pustaka
      1. Hanya memuat referensi yang diacu dalam naskah dan ditulis secara alfabetik berdasarkan huruf awal dari nama penulis pertama. Jika dalam bentuk buku, dicantumkan nama semua penulis, tahun, judul buku, edisi, penerbit, dan tempat. Jika dalam bentuk jurnal, dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume, nomor publikasi, dan halaman. Jika pengmbil artikel dalam buku, cantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, editor, judul buku, penerbit, dan tempat.
      2. Diharapkan merujuk referensi 10 tahun terakhir dengan proporsi pustaka primer (jurnal) minimal 80%.
      3. Hendaknya diacu cara penulisan kepustakaan seperti yang dipakai pada jurnal ilmiah Zona Teknik berikut ini:

 

Jurnal

Yetton, Philip W., Kim D. johnston, and Jane F. Craig. Summer. 2004. “Computer-Aided Architects: A Case Study of IT and Strategic Change. “Sloan Management Review: 57-67.

 

Buku

Paliwoda, Stan. 2004. The Essence of International Marketing. UK: Prentice-Hall, Ince.

 

Prosiding

Pujaningsih, R.I., Sutrisno, C.L., dan Sumarsih, S. 2006. Kajian kualitas produk kakao yang diamoniasi dengan aras urea yang berbeda. Di dalam: Pengembangan Teknologi Inovatif untuk Mendukung Pembangunan Peternakan Berkelanjutan, Prosiding Seminar Nasional dalam rangka HUT ke-40 (Lustrum VIII) Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman; Purwokerto, 11 Pebruri 2006. Fakultas Peternakan UNSOED, Purwokerto. Halaman 54-60.

 

Artikel dalam buku

Leitzmann, C., Ploeger, A.M., and Huth, K. 2010. The Influence of Lignin on Lipid metabolism of The Rat. In: G.E. Inglett & S.I.Falkehag. Eds. Dietary Fibers Chemistry and Nutrition. Academic Press. Inc., New York.

 

Skripsi/Tesis/Disertasi

Rahmah, Siti. 2003. Pengaruh Motivasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Iglas (Persero) Surabaya. Tesis. Program Pascasarjana Magister Ilmu Manajemen UNAIR. Surabaya.

 

Internet

Hargreaves, J. 2005. Manure Gases Can Be Dangerous. Department of Primary Industries and Fisheries, Queensland Government. http://www.dpi.gld.gov.au/pigs/9760/9760.html. Diakses 15 September 2005

 

Dokumen

(BPS) Badan Pusat Statistik Kota Batam. 2009. Batam Dalam Angka Tahun 2009.

 

Mekanisme Seleksi Naskah

  1. Naskah harus mengikuti format/gaya penulisan yang telah ditetapkan.
  2. Naskah yang tidak sesuai dengan format akan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki.
  3. Naskah yng sesuai dengan format diteruskan ke Editor untuk ditelaah diterima atau ditolak.
  4. Naskah yang diterima atau naskah yang formatnya sudah diperbaiki selanjutnya dicarikan penelaah (MITRA BESTARI) tentang kelayakan terbit.
  5. Naskah yang sudah diperiksa (ditelaah oleh MITRA BESTARI) dikembalikan ke Editor dengan empat kemungkinan (dapat diterima tanpa revisi, dapat diterima dengan revisi kecil (minor revision), dapat diterima dengan revisi mayor (perlu direview lagi setelah direvisi), dan tidak diterima/ditolak).
  6. Apabila ditolak, Editor membuat keputusan diterima atau tidak seandainya terjadi ketidaksesuaian diantara MITRA BESTARI.
  7. Keputusan penolakan Editor dikirimkan kepada penulis.
  8. Naskah yang mengalami perbaikan dikirim kembali ke penulis untuk perbaikan.
  9. Naskah yang sudah diperbaiki oleh penulis diserahkan kepada Editor.
  10. Contoh cetak naskah sebelum terbit dikirimkan ke penulis untuk mendapatkan persetujuan.
  11. Naskah siap dicetak dan cetak lepas (off print) dikirim ke penulis.

 

Catatan Kaki

Catatan kaki dipergunakan hanya untuk memberikan penjelasan/analisis tambahan, yang apabila digabung ke naskah akan mengganggu kontinuitas naskah. Dengan demikian catatan kaki tidak dipergunakan untuk referensi. Catatan kaki harus diberi nomor urut dicetak superscript. Teks dari catatan kaki ditempatkan langsung pada halaman yang terdapat nomor superscript.

 

Kebijakan tentang Plagiarisme

Setiap penulis yang menyerahkan artikel ke Zona Ekonomi harus membuat surat pernyataan bahwa naskahnya bebas dari plagiarisme dan tidak sedang dipertimbangkan dan dimuat dalam jurnal lain.

 

Kebijakan Reproduksi

Artikel yang telah dipublikasi di Zona Ekonomi menjadi hak cipta Fakultas Ekonomi Universitas Batam. Untuk tujuan edukatif, isi dari Zona Ekonomi dapat dikopi atau direproduksi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada Editor untuk memperoleh ijin mereproduksi isi dari Zona Ekonomi untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif.

 

 

Kebijakan atas Ketersediaan Data

Konsisten dengan tujuan dari Zona Ekonomi penulis artikel diharapkan dapat memberikan data yang dimilikinya kepada yang memerlukannya dan memberikan informasi cara memperoleh data tersebut. Jika artikel menggunakan pendekatan survei atau eksperimen, maka seluruh instrumen (kuesioner, kasus, rencana wawancara, dan lainnya) harus dilampirkan.

 

Pengiriman Artikel

Artikel dikirim dalam bentuk softcopy (tanpa identitas penulis) dan dilengkapi dengan CV singkat penulis serta instrumen penelitian (kuesioner, hasil wawancara, dan lain-lain). Artikel dikirim melalui website Zona Ekonomi dengan memilih menu Submit Paper dan akan diproses menggunakan aplikasi Open Journal System (OJS). Petunjuk penggunaan OJS untuk penulis dapat dilihat pada menu OJS Guidelines.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.