SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN KEGIATAN PEMBANGUNAN PADA PEMERINTAH KOTA BATAM

Mohd Razief Fahzi, Suroto Suroto

Abstract


Seiring dengan perkembangan sistem informasi, kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat sangat diperlukanya itu salah satunya dalam pengambilan keputusan. Data Kegiatan dan Informasi Realisasi Fisik dan Keuangan Kegiatan Pembangunan Pemerintah Kota Batam, sangat dibutuhkan sebagai data untuk Pengendalian dan evaluasi dalam mengukur capaian pelaksanaan kegiatan terhadap perencanaan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan pembangunan pada pemerintah kota batam,  khususnya pada pengendalian realisasi fisik dan realisasi keuangan kegiatan pembangunan masih menggunakan Microsoft excel, yang pada saat proses perhitungan dan penginputan data pengendalian kegiatan serta laporan fisik dan keuangan masih belum teratur, sehingga data yang dibutuhkan sebagai bahan evaluasi harus diambil dari sistem SKPD se-kotabatam. Namun data tersebut sulit diketahui yang mana sudah mencapai target dan yang belum mencapai target, serta apa permasalahan dan tindak lanjut dari setiap kegiatan yang belum mencapai target. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan melakukan studi pustaka sebagai salah satu untuk mencari referensi dan mempelajari literatur, kemudian studi lapangan, serta observasi dan wawancara terhadap narasumber. Pengembangan system informasi ini, diharapkan nantinya dapat membantu dan mempermudah pegawai SKPD dan pegawai bina program dalam melakukan penginputan data dan pengelolaan data kegiatan dari setiap SKPD, maka dibutuhkan sistem informasi Pengendalian Kegiatan Pembangunan dengan menggunakan Vb.NET dan PHP sebagai web service, yang data nya di simpan pada MySQL sebagai database nya.


Full Text:

PDF

References


Fathansyah.(2015). Basis Data. Badan Informatika, Bandung.

Pratama, I Putu Agus Eka.(2013). Sistem Informasi dan Implementasinya. Badan Informatika, Bandung.

Tantra, Rudy.(2012). Manajemen Proyek Sistem Informasi.Andi Publisher, Yogyakarta.

Jeperson Hutahaean (2007). Konsep Sistem Informasi, Jakarta

Dudung.(2015). 12 Pengertian dan fungsi sistem informasi menurut para ahli. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2015dari http://www.dosenpendidikan.com/12-pengertian-dan-fungsi-sistem-informasi-menurut-para-ahli/.

Berner-Lee, T, Fielding dan Frystyk, 1996, Hypertext Transfer Protocol diakses pada tanggal 05 Juni 2015 dari http://www.w3.org/Protocols/HTTP/1.0/spec.html

Kumorotomo, Wahyudi, dan Martono, Agus Subando, 2002. “Sistem Informasi Manajemen”, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Yogyakarta.

Al Bahra bin Ladjamudin (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu.Yogyakarta.

Kendall E, Kendall J. (2007).Analisis dan Perancangan Sistem. PT Indeks. Klaten.

Jogianto HM. (2005). Sistem Teknologi Informasi. Andi.Yogyakarta.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Abdul Kadir, (2012). Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Mcleod, Raymond (2001), Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo

Imam A.W. 2005. SQL Server 2000. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.