HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D-III KEBIDANAN DI UNIVERSITAS BATAM

Authors

  • Rahayu Chamelia Sari Batam University
  • Tri Ribut Sulistyawati Batam University

DOI:

https://doi.org/10.37776/zkeb.v9i3.585

Abstract

 Emotional intelligence includes different but complementary abilities with academic intelligence. People will not be able to use their cognitive abilities according to their maximum potential without having emotional intelligence. This study aims to determine the relationship of intelligence with student achievement. This research is a quantitative research with cross sectional approach implemented in April-May 2017, the population is D-III Obstetrics University of Batam level I and II (62 people) with sampling technique Total Sampling. Then in the analysis using Chi Square test. The result of the research is the majority of students have a very good level of intelligence of 57 people (91.9%), student achievement index has a satisfactory achievement index of 58 people (93,5%) with p value 0,00,0,05. There is a relationship between emotional intelligence and student achievement. Suggestions are expected for students to be able to maintain emotional intelligence in order to influence learning achievement becomes much better.

Author Biographies

Rahayu Chamelia Sari, Batam University

Midwifery Study Program, Faculty of Medicine

Tri Ribut Sulistyawati, Batam University

Midwifery Study Program, Faculty of Medicine

References

Abdullah, Rizki Aziz, 2015. Pemikiran Daniel Goleman Tentang Kecerdasan Emosional. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/rizki%20aziz%20abdullah.pdf

Anjani, A. D., & Puspita, S. D. (2019). sapa orang tua dengan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja. Jurnal Kebidanan Malahayati, 5(4), 389-395

Anjelita, Suci, 2014, Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di AKBID Sehat Medan Tahun 2014, diambil 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/suci%20anjaleta/Cover%20suci%20anjelita.pdf

Aulia, Devy Lestari Nurul. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Prilaku Remaja Putri Dalam Mengkonsumsi Tablet Besi (Fe) Selama MenstruasI. Jurnal Kebidanan Malahayati 3(3)

Ariani, Ayu Putri, 2014, Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi, Yogyakarta, Nuha Medika

Budi Erindra, 2009, Hubungan Kecerasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa program D-IV Kebidanan FK UNS. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/erindra%20eq%20pb.pdf

Dainty Maternity, S. S. T., Keb, M., & Anjani, A. D. (2018). ASUHAN KEBIDANAN NEONATUS, BAYI, BALITA, DAN ANAK PRASEKOLAH. Penerbit Andi.

Daud Firdaus, 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 3 Palopo. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/firdaus%20daud%20eq%20&pb.pdf

Fauziah, 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan prestasi Belajar Mahasiswa semestaer II Bimbingan Konseling UIN AR-RANIRY. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/fauziah%20eq%20&%20pb.pdf

file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/dewi%20kusumawati/cover%20dewi.pdf

Goleman. Emotional Inteligent. E-book

Hafsah, 2013. Pengaruh IQ dan EQ terhadap prestasi Pembelajaran Komputerisasi Akuntansi pada Mahasiswa jurusan akuntansi UMSU Medan. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/hafsah%20iq%20eq%20dan%20pb.pdf

Jayati, Mira, 2015, hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar mahasiswa semester iii akademi kebidanan universitas prima indonesia medan.. Diambil pada 20 Mei 2017. https://id.123dok.com/document/dzx252nq-hubungan-kecerdasan-emosi-dengan-prestasi-belajar-mahasiswa-semester-iii-akademi-kebidanan-universitas-prima-indonesia-medan.html

Kusumawati, Dewi, 2012, Hubungan kecerdasan emosional dengan Prestasi Belajar Pada Siswa kelas VIII SMP N 13 Surabaya, diambil 15April 2017.

Margasari, Naning dkk, Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Dengan Jenis Kelamin Dan Level Akademis. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/margasari%20dkk.pdf.

Maternity, Dainty; Ratna, DP; Devy, LNA. (2017). Asuhan Kebidanan Komunitas–Disesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Kebidanan. Penerbit Andi, Yogyakarta

Mukodri, 2014, Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi belajar pada siswa Kelas II SMK Kesehatan Bhakti Kencana Tasikmalaya diambil pada 15 April 2017, file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/dewi%20mey%20mukodri%20eq&pb.pdf

Mustika Ika, 2009. Hubungan antara Motivasi Menjadi Bidan dengan prestasi belajar Askeb pada Mahasiswa Program Studu Kebidanan. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/ika%20mustika.pdf

Notoadmodjo, Soekidjo (2010). Metode penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Qurniyawati, 2009, Hubungan Kecerasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa program D-IV Kebidanan FK UNS. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/erindra%20eq%20pb.pdf

Rumengan, Jemmy. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Bandung : Cita pustaka Media perintis.

Sadiyah Munlifatun, 2014. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang. Diambil pada 15 April 2017.file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/hubungan%20eq%20dan%20ip%20munlifatun.pdf

Sulistiya Febri, Pengaruh Tingkat IQ dan EQ Terhadap prestasi Belajar Penjasorkes Siswa di SMPN Yogyakarta. Diambil pada 15 April 2017file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/eq%20ok%201%20febri%20sulistiya.pdf

Syarifah, 2013. Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar

pada mahasiswa D-IV kebidanan universitas batam.

Team Fme, 2014. Understanding emotional Inteligent. E-Book

Widodo, 2012. kecerdasan emosional dalam kepemimpinan dan organisasi. Jakarta ; Gramedia Pustaka utama

Downloads

Published

2021-05-10

Issue

Section

Articles