HUBUNGAN KONSUMSI FAST FOOD DENGAN STATU GIZI PADA SISWA SMP KARTINI II BATAM TAHUN 2019

Authors

  • Dyah Marianingrum Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/zked.v10i1.435

Keywords:

Status gizi, Fast Food, Siswa

Abstract

Latar Belakang : Status gizi merupakan keadaan tubuh yang diakibatkan oleh status keseimbangan asupan makanan dan  penggunaan zat gizi. Saat ini, banyak makanan cepat saji (fast food) yang disenangi masyarakat, khususnya pada remaja yang menyebabkan perubahan status gizi pada mereka. Ketidakseimbangan asupan nutrisi menimbulkan masalah gizi. Data Riskesdas (2010), secara nasional bahwa status gizi anak umur 13-15 tahun mempunyai prevalensi kekurusan 10,1%. Sedangkan prevalensi kegemukannya adalah sebesar 2,5%. Salah satu penyebab masalah gizi tersebut adalah pola makanan cepat saji (fast food) yang masuk kategori sering, dimana pola konsumsi fast food yang sering yaitu lebih dari 2 kali selama satu minggu. Metode : Penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan rancangan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan kelas VIII SMP Kartini II Batam tahun 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling, dengan sampel berjumlah 90 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan pengukuran tinggi badan, kuesioner, dan timbangan badan secara langsung, teknik analisa data yang digunakan adalah uji statistik chi square.Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa remaja di SMP Kartini II Batam dari 90 siswa sebagian besar mengalami status gizi gemuk dengan konsumsi fast food sering sebanyak 28 orang (42,4%) dan yang mengalami status gizi kurus dengan konsumsi fast food sering sebanyak 12 orang (18,2%), remaja yang mengalami status gizi gemuk dengan konsumsi fast food kadang-kadang sebanyak 3 orang (12,5%) dan konsumsi fast food kadang-kadang dengan status gizi kurus sebanyak 7 orang (29,2%). Hasil uji hubungan antara konsumsi fast food dengan status gizi memiliki hubungan yang signifikan diantranya diproleh hasil uji chi-square didapat  nilai  p value = 0,030, dimana p < 0,05.Kesimpulan : Terdapat hubungan konsumsi fast food dengan status gizi pada siswa SMP Kartini II Batam tahun 2019.

Author Biography

Dyah Marianingrum, Universitas Batam

Fakultas Kedokteran

References

Adriani dan Wirjatmadi. 2012. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. Kencana. Jakarta.

Sarlito Wirawan Sarwono. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sulistyoningsih, H. 2012. Gizi Untuk Kesehatan Ibu Dan Anak. Jakarta : Graha ilmu.

Depkes RI.(2013). Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Retrived 09 27,2018.http://www.depkes.go.id/resources/download/infoterkini/materi_rakorpop_2018/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf

Susanti, Tri (2016) Hubungan Pola Konsumsi Fastfood Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Naskah Publikasi.

Putri, L.N (2014) Hubungan Pola Konsumsi Fast food Dengan Kejadian Overweight PadaRemajaPutri Di SMA Batik 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Irianto, Koes.2014.Gizi Seimbang dalam Kesehatan Reproduksi (Balanced Nutrition in Reproductive Health).Bandung:ALFABETA.

Zulfa, F. (2011). Hubungan Kebiasaan Konsumsi Fass Food Moderen Dengan Status Gizi.

Hendrayati, et al. (2010). Pengetahuan Gizi, Pola Makan dan Status Gizi Siswa SMP Negeri 4 Tompobulu Kabupaten Tangerang. Media Gizi Pangan, vol. Ix, no.1.

Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif.(Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka).

Marmi. (2013). Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Oetoro, S., Parengkuan, E., Parengkuan, J.2013. Smart Eating: 1000 Jurus makan pintar & hidup bugar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Amalia Nurfitri Azyus (2016). Hubungan konsumsi fast food dengan status gizi pada pelajar SMA Banda aceh dan Aceh besar. Skripsi, Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh.

Suryanti, Rut; Jafar, Nurhaedar; Syam, Aminuddin; (2013), Gambaran jenis dan Jumalah konsumsi fast food dan sofe drink pada mahasiswa Obesitas di Universitas Hasanuddin). Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Devintha Virani. 2012. Hubungan anatara pengentahuan dan kebiasaan konsumsi fast food dengan kejadian gizi lebih pada siswa sekolah dasar negri Sudirman I Makassar. Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2021-04-13