Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Pemberian Antibiotik Pada Anak di Puskesmas Botania

Authors

  • Sarita Miguna Fakultas Kedokteran, Universitas Batam
  • Nopri Esmiralda Fakultas Kedokteran, Universitas Batam
  • Amelia Eka Damayanti Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37776/zked.v11i3.931

Abstract

Latar Belakang: Antibiotik menjadi obat dalam jenis antimikroba  yang paling banyak penggunaanya dalam penanganan infeksi. Pemberian antibiotik pada dewasa dan anak berbeda. Oleh karena itu, pengetahuan seorang ibu memegang peranan penting dalam pemberian antibiotik kepada anak-anaknya karena penggunaan antibiotik pada anak perlu adanya peran bijak ibu dalam menggunakannya. Faktor yang dapat mempengaruhi pengetahuan ibu dalam pemberian antibiotik pada anak diantaranya adalah usia, tingkat pendidikan, pekerjaan dan status ekonomi. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah analitik deskriptif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Puskesmas Botania pada Januari 2021. Data diambil menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden. Hasil penelitian dianalisis dengan distribusi frekuensi dan ditabulasi silang kemudian diuji dengan uji statistik Chi Square untuk mengetahui adanya hubungan. Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa usia, tingkat pendidikan, pekerjaan dan status ekonomi memiliki hubungan dengan tingkat pengetahuan ibu terhadap pemberian antibiotik pada anak. Hasil uji statistik Chi Square didapatkan nilai p untuk usia 0,004, tingkat pendidikan 0,003, pekerjaan 0,005 dan status ekonomi 0,000. Simpulan: Berdasarkan hasil penenelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara usia, tingkat pendidikan, pekerjaan dan status ekonomi dengan tingkat pengetahuan ibu terhadap pemberian antibiotik pada anak di Puskesmas Botania Tahun 2021

Downloads

Published

2021-09-13

Issue

Section

Articles