HUBUNGAN DURASI DAN FREKUENSI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KUALITAS TIDUR PADA ANAK LAKI-LAKI KELAS IV DAN V SD CENDANA KOTA BATAM TAHUN 2018.

Authors

  • Ulpawati Ulpawati Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/jizp.v1i2.540

Abstract

Hubungan Durasi dan Frekuensi Bermain Game Online dengan Kualitas Tidur Pada Anak Laki-laki Kelas IV dan V SD Cendana Kota Batam Tahun 2018.Perubahan kualitas tidur pada anak disebabkan oleh tuntutan kegiatan sehari-hari, yang berakibat pada berkurangnya kebutuhan untuk tidur sehingga anak sering mengantuk yang berlebihan di siang harinya. Salah satu kegiatan yang digemari anak ialah  bermain game online. Durasi dan frekuensi bermain game online  yang tidak terkontrol berdampak pada salah satunya kualitas tidur. Tujuan skripsi ini secara umum untuk mengetahui hubungan durasi dan frekuensi bermain game online dengan kualitas tidur pada anak laki-laki kelas IV dan V SD Cendana Batam.Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik observasional, berupa jenis pendekatan cross sectional. Pengambilan data penelitian dilakukan di SD CENDANA Batam dari bulan November sampai Desember tahun 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, dengan jumlah sampel 110 siswa laki-laki kelas IV dan V. Analisis univariat disajikan dalam table distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan chi-square.Hasil penelitian dari 110 sampel menunjukan siswa laki-laki kelas IV dan V paling banyak memiliki durasi bermain game online lebih.dengan persentase 66,4% kemudian memiliki frekuensi bermain game online tinggi dengan persentase 51,8% serta memiliki kualitas tidur buruk dengan persentase 64,5 %. Hasil analisis chi-square didapatkan p value= 0,000 dimana p  value lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansi  (α)= 5% (0,05), yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara durasi dan frekuensi bermain game online dengan kualitas tidur pada anak laki-laki kelas IV dan V SD Cendana BatamBerdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara antara durasi dan frekuensi bermain game online dengan kualitas tidur pada anak laki-laki kelas IV dan V SD Cendana Batam tahun 2018.

Author Biography

Ulpawati Ulpawati, Universitas Batam

Departemen Ilmu Psikologi, Fakultas Kedokteran

References

Aprilia, W. (2011). Hubungan durasi menonton televisi dan video atau bermain video game terhadap terjadinya obesitas pada anak. Karya Tulis Ilmiah strata satu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2013). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Jakarta.

Dawson P (2007). Sleep disorders. Free Health Encyclopedia [Internet]. . Available from URL: http://www.faqs.org/.

Dongdong,Li,Angeline,Khoo,Hyekyung,Choo., and Albert K, Liau. (2012). Effect of Digital Game Play Among Young Singaporean Gamers: A Two-Wave Longitudinal Study. Available from : http://journals.tdl.org/jvwr/index.php/jvwr/article/download/6357/6035.

Dworak, M.,Thomas Schierl. (2007). Impact of Singular Excessive Computer Game and Television Exposure On Sleep Pattern and Memory Performance of School-aged Children. Official journal of the American academy of pediatrics. http://pediatric.aapublications.org/content/120/5/978.html

Fahri, Ilham. (2014). Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online pada Anak Usia Sekolah dengan Kebutuhan Dasar Istirahat dan Tidur di SD N 060895 Medan. http://repository.usu.ac.id/

Ganong, W. F. (2008). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Edisi 22. EGC, Jakarta.

Haqq, Taufan A. (2016). Hubungan Intensitas bermain game online terhadap agresivitas remaja awal di warnet A, B, dan C kecamatan lowakwaru Kota Malang. Skripsi. Diakses pada Juni 2017. Available from : etheses.uin-malang.ac.id/3763/1/09410005.pdf

Hurlock B.E. (2007). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penerbit : Erlangga. Jakarta

Indriani, Pranasningtias Devi. (2013). Hubungan Intensitas Penggunaan Game Online, Pengawasan Orang Tua terhadap Anak, dengan Prestasi Belajar Anak. Jurnal UNDIP

Jap, T., Tiatri, S., Jaya, E.S., & Suteja, M.S. (2013). The development of indonesian online game addiction questionnaire. PLoS ONE, 8(4). e61098.doi:10.1371/journal.pone.0061098.

Kaplan H.I, Sadock B.J, Grebb J.A. (2010). Sinopsis Psikiatri Jilid 2. Terjemahan Widjaja Kusuma. Jakarta: Binarupa Aksara.

Kozier & Erb, et al. ( 2008 ). Buku Ajar Praktik Keperawatan Klinis edisi 5. Jakarta : EGC.

Kusumadewi, N.T. (2009). Hubungan antara Kecanduan Game Online dan Ketrampilan Sosial pada Remaja. Jurnal Psikologi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Michelle M. Garrison, Kimberly Liekweg and Dimitri A. Christakis. (2011). Media Use and Child Sleep: The Impact of Content, Timing, and Environment. Official journal of the American academy of pediatrics. http://pediatrics.aappublications.org/content/128/1/29.full.html.

Notoadmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Panjaitan, Ara Dewi . (2014). Hubungan Antara Frekuensi Bermain Game Online dengan Kualitas Tidur pada Anak Kelas IV dan V SDN Karangrejo. Yogyakarta.

Rumengan, J (2008). Metodologi Penelitian kesehatan. Bandung : Citapustaka media Printis.

Shindi, D. N. (2013). Hubungan Frekuensi Bermain Game Online dengan Pemenuhan Kebutuhan Tidur pada Anak Usia Remaja di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, Skripsi tidak dipublikasikan, STIKES ‘Aisyiyah, Yogyakarta.

Wong, D. L. (2008). Pedoman Klinis Pediatrik, Edisi 4. EGC, Jakarta

Downloads

Published

2021-07-05

Issue

Section

Articles