PENGARUH PROMOSI KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BENGKONG TAHUN 2018

Authors

  • Rini Susanti Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/jizp.v1i2.541

Abstract

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) adalah cara yang sederhana, mudah, murah dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Sebab ada beberapa penyakit penyebab kematian yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar, seperti penyakit diare dan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) yang sering menjadi penyebab kematian anak-anak. Demikian juga penyakit hepatitis, thypus, dan flu burungdapat dicegah dengan cuci tangan yang benar. Tujuan penelitian ini secara umum Untuk mengetahui Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas V A di SD Negeri 004 Bengkong Tahun 2018.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan metode pre experimental design dengan one group pre-test and post-test design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 004 Bengkong. Teknik pengambilan sampel adalah convenience sample dengan jumlah sampel 36 responden yaitu siswa kelas V A. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan komputer menggunakan uji statistik T test berpasangan, dengan syarat jika data tidak normal atau syarat T test tidak terpenuhi maka uji yang digunakan adalah Wilcoxon test.Hasil penelitian dengan jumlah sampel 36 siswa kelas V A sebelum promosi kesehatan didapatkan yang berpengetahuan baik sebanyak 21 siswa, berpengetahuan cukup sebanyak 10 siswa, dan berpengetahuan kurang sebanyak 5 siswa. Setelah diberikan promosi kesehatan didapatkan yang berpengetahuan baik sebanyak 36 siswa. Hasil analisis didapatkan Sig. (2-tailed) = 0.000 (Sig. (2-tailed) < 0.05).Bedasarkan hasil uji statistik diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi kesehatan terhadap tingkat pengetahuan cuci tangan pakai sabun pada siswa kelas V SD Negeri 004 Bengkong Tahun 2018.

Author Biography

Rini Susanti, Universitas Batam

Departemen Ilmu Psikologi, Fakultas Kedokteran

References

Alif Nurul Rosyidah. 2014. Hubungan Perilaku Cuci Tangan Terhadap Kejadian Diare Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Ciputat 02.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen Kesehatan RI. 2009. Profil Kesehatan Indonesia. http//www.depkes.go.id.html.2012. Pusat Data dan Informasi Kementrian

Kesehatan RI.2014. Profil Kesehatan Indonesia 2008. http://www.Depkes.go.id.

Dewi dan Wawan. 2013. Teori dan Pengukuran Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Manusia.Yogyakarta : Nuha Medika.

Dewi Listyowati. 2012. Pengeruh Intervensi Promosi Kesehatan dalam Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Kelas 5 di SDN Pengasinan IV Kota Bekasi Tahun 2012. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok.

Dyna Apriany. 2012. Perbedaan Perilaku Mencuci Tangan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. The Soedirman Journal Of Nursing.

Heru Subaris. 2016. Promosi Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Modal Sosial. Yogyakarta : Nuha Medika.

Insan Medika. 2016. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun atau Hand Sanitizer?.https://www.insanmedika.com/artikel/post/Mencuci-Tangan-Menggunakan.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2010. Buku Panduan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. http://www.panduan_hctps10_ok.2015. Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia.

Kristiyah. 2014. Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas VII Tentang Cuci tangan Pakai Sabun di SMP Negeri 3 Gondangrejo Karanganyar Tahun 2014.

Notoatmodjo Soekidjo. 2008. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT

Rinera Cipta.2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rinera

Cipta.2012. Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarmi. 2013. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Cuci Tangan Yang Benar Pada Siswa Sd Inpres Baraya 1 Kota Makassar 2013, STIKES Tanawali Persada.

Syafrudin, dkk. 2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Trans Info Media.

Widya Utami. 2010. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Masyarakat di Desa Cikoneng Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang Tahun 2010. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok.

Wikipedia. 2015.Mencuci Tangan. https://id.wikipedia.org/wiki/Mencuci_tangan.

World Health Organization. 2009. Hand Hygiene: Why, How & When?.http://who.int/gpsc/5may/nHygiene_Why_How_and_When_Brochure.pdf.

Downloads

Published

2021-07-05

Issue

Section

Articles