Zona Manajerial: Program Studi Manajemen (S1) Universitas Batam https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial <div>Zona Manajerial: Program Studi Manajemen (S1) Universitas Batam is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to economics fields. The journal is published monthly by Universitas Batam<strong>. </strong>Focus and Scope economics sciences, which includes: Management, Financial, Human Resource Development, Accounting, Education Management, Marketing Management, Operational Management, Strategic Management, Management Information System and Company Management.</div> <p><span class="typography_f0ad1e sans_f0ad1e"><strong>Name</strong>: Zona Manajerial: Program Studi Manajemen (S1) Universitas Batam<br /><strong>E-ISSN </strong>: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1584333906"><strong>2721-5873</strong></a><br /><strong>P-ISSN </strong>: <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1292249857">2087-7331</a></strong><br /><strong>Period </strong>: 4 Monthly<br /><strong>Editor In Chief : </strong>Nolla Puspita Dewi<br /><strong>Indexing and Abstracting </strong>: Google Scholar, Garuda, Dimension.</span><strong><br /></strong><strong>Publication Guidelines : </strong> <a href="https://publicationethics.org/guidance/Guidelines" target="_blank" rel="noopener">COPE Guidelines</a><br /><span class="typography_f0ad1e sans_f0ad1e"><strong>Publisher </strong>: Universitas Batam</span></p> en-US <p>Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Akuntansi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta b ke alamat redaksi Jurnal Zona Manejerial.</p> zonamanajerial@univbatam.ac.id (Sri Yanti, SE, MM) lppm@univbatam.ac.id (Ns. Mutia Amalia Lubis, M.Kep) Tue, 03 Jun 2025 00:00:00 +0800 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Transformasi Inklusifitas Usaha Kelautan: Analisis Perilaku Inovatif dan Kinerja di Kepulauan Riau https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/1828 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku inovatif terhadap kinerja usaha kelautan dengan mempertimbangkan peran mediasi dari transformasi inklusifitas di wilayah Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data dikumpulkan melalui kuesioner dari pelaku usaha kelautan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku inovatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha kelautan. Selain itu, perilaku inovatif juga secara signifikan meningkatkan transformasi inklusifitas, dan transformasi inklusifitas itu sendiri terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja usaha. Lebih lanjut, ditemukan bahwa transformasi inklusifitas secara signifikan memediasi hubungan antara perilaku inovatif dan kinerja usaha. Temuan ini mengindikasikan pentingnya pendekatan inovatif dan inklusif dalam mendukung daya saing serta keberlanjutan usaha kelautan.</em></p> Nolla Puspita Dewi, Bambang Satriawan, Nurhatisyah Nurhatisyah, M. Faizal Rangkuti, Dwi Kartika Sari Copyright (c) 2025 Nolla Puspita Dewi, Bambang Satriawan, Nurhatisyah Nurhatisyah, M. Faizal Rangkuti, Dwi Kartika Sari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/1828 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0800 Kepuasan Berbasis Data: Analisis Multidimensi Tentang Kualitas dan Harga Pada Niat Perilaku Konsumen Pizza Hut Delivery Medan Marelan https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/1825 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Analisis <em>Service Quality, Product Quality</em> Dan <em>Price</em> Terhadap <em>Customer Satisfaction</em> pelanggan pada Pizza Hut Delivery Medan Marelan. Analisis yang digunakan yaitu analisis assosiatif, metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian di Pizza Hut Delivery Medan Marelan dan jumlahnya dapat diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel secara <em>Slovin</em>. Maka sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 responden. Hasil yang di dapat dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) <em>Service Quality </em>secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap <em>Customer Satisfaction</em>, 2) <em>Product Quality </em>secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap <em>Customer Satisfaction</em>, 3) <em>Price </em>secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap <em>Customer Satisfaction</em>, 4)<em> Service Quality, Product Quality </em>dan<em> Price </em>secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap <em>Customer Satisfaction.</em> Nilai <em>Adjusted R square</em> 0,695 dapat disebut koefisien determinasi, hal ini berarti 69,5%<em> customer satisfaction </em>dapat diperoleh dan di jelaskan oleh <em>service quality, product quality dan price </em>sedangkan sisanya sebesar 30,5% dijelaskan oleh variabel diluar model yang tidak diteliti.</p> Ari Prabowo, Tazkiatul Amalia Nasution, Aisyah Azhar Adam, Tika Nirmala Sari, Ami Natuz Zahara Copyright (c) 2025 Ari Prabowo, Tazkiatul Amalia Nasution, Aisyah Azhar Adam, Tika Nirmala Sari, Ami Natuz Zahara https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/1825 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0800 Analisis Laporan Keuangan PT Essa Industries Indonesia Tbk Tahun 2023 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/1829 <p>laporan keuangan PT ESSA Industries Indonesia Tbk tahun 2023 ini merangkum posisi dan kinerja keuangan perusahaan selama periode yang berakhir pada 31 Desember 2023. Laporan ini meliputi Laporan Posisi Keuangan (Neraca), Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Laporan Arus Kas, yang secara keseluruhan memberikan gambaran tentang kondisi keuangan perusahaan. Di tengah tantangan eksternal seperti fluktuasi harga komoditas, PT ESSA berhasil menjaga stabilitas keuangannya, yang tercermin dari total aset sebesar USD 695,4 juta dan ekuitas sebesar USD 497,7 juta. Pada laporan laba rugi, perusahaan mencatat pendapatan sebesar USD 344,9 juta dan laba bersih USD 46,7 juta. Kenaikan ekuitas terutama didukung oleh peningkatan modal disetor tanpa hak memesan efek terlebih dahulu, yang memperkuat struktur modal perusahaan. Perusahaan juga menunjukkan arus kas operasional yang positif, yang menandakan kemampuan untuk menjaga likuiditas dan mendukung investasi jangka panjang. Seluruh laporan ini menggambarkan ketahanan keuangan dan fokus perusahaan pada efisiensi operasional serta pengembangan yang berkelanjutan, menjadikannya sebagai dasar yang kuat untuk mendukung strategi pertumbuhan di masa depan.</p> Frengki Putra Ramansyah, Raisa Salsabila, Farica Yusrina Lubis, Muti Miftahul Jannah, Hastanti Listyaningtias Copyright (c) 2025 Frengki Putra Ramansyah, Raisa Salsabila, Farica Yusrina Lubis, Muti Miftahul Jannah, Hastanti Listyaningtias https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/1829 Mon, 02 Jun 2025 00:00:00 +0800 Pengaruh Diferensiasi Produk, Harga dan Segmentasi Pasar Terhadap Volume Penjualan Unit Mobil All New Veloz Agung Toyota Batam Centre https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/1827 <p><em>To create a company's customers, implement a good marketing strategy that starts from within the company, one of the strategies that needs to be done is differentiation strategy. The product differentiation and varied prices presented by Toyota on the All New Veloz are expected to provide many choices that consumers can choose from to support their daily mobility with cars and support sales volume. The purpose of this study is to find out how the Influence of Market Differentiation and Segmentation on the Sales Volume of All New Veloz car units at the Agung Toyota Batam Centre. The type of research used is a quantitative descriptive research method, using primary and secondary data, as well as data collection techniques in the form of questionnaires which are carried out by distributing to the respondents as many as the number of samples that have been determined, namely 66 respondents from the number of buyers of the All New Veloz car unit at Agung Toyota Batam Center in the last 6 months which amounted to 66 buyers. The results of the study obtained are known that the regression equation obtained is Y= 10.646 + 0.443X1 + -0.551X2 + 0.737X3 + e which can be interpreted that the variables X1 and X2 have a positive and significant effect on the variable Y. and it is known that the results of the determination coefficient test show the value of Adjusted R Square which is 0.421 or 42.1%. Thus, 42.1% is the value of the contribution of the influence of product differentiation variables, prices, and market segmentation on sales volume. While the remaining 57.9% is the influence of other variables that were not studied in this study.</em></p> Aii Melia Putri Oktavia, Armansyah Armansyah, Rachmad Chartady, Muhammad Isa Alamsyahbana Copyright (c) 2025 Aii Melia Putri Oktavia, Armansyah Armansyah, Rachmad Chartady, Muhammad Isa Alamsyahbana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/1827 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0800 The Fore Coffee Phenomenon: Servicescape Transformation and Customer Experience as a Catalyst for Repurchase Intention In the Digital Age https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/1822 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh <em>Servicescape, Social Media Marketing,</em> Dan <em>Customer Experience</em> Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Konsumen Fore Coffee di Kota Medan. Analisis yang digunakan yaitu analisis assosiatif, metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen yang melakukan kunjungan kembali ke Fore Coffee di Kota Medan jumlahnya tidak dapat diprediksi/diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel secara <em>Purposive Sampling</em>. Menentukan jumlah sampel dengan menggunakan rumus zikmund. Maka sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 responden. Hasil yang di dapat dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) <em>Servicescape</em> secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Pembelian Ulang, 2) <em>Customer Experience</em> secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Pembelian Ulang, 3)<em> Servicescape</em> dan <em>Customer Experience</em> secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Pembelian Ulang. nilai <em>Adjusted R square</em> 0,776 dapat disebut koefisien determinasi, hal ini berarti 0,776 (77,6%) Minat Pembelian Ulang dapat diperoleh dan di jelaskan oleh <em>servicescape </em>dan<em> customer experience </em>sedangkan sisanya sebesar 22,4% dijelaskan oleh variabel diluar model yang tidak diteliti.</p> Tegar Dermawan Tarigan, Ari Prabowo, Etty Sri Wahyuni, Henry Aspan, Dian Mahardi Lestari Copyright (c) 2025 Tegar Dermawan Tarigan, Ari Prabowo, Etty Sri Wahyuni, Henry Aspan, Dian Mahardi Lestari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/1822 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0800