Perancangan Alat Bantu Start Engine Motor

Authors

  • Abdul malik Made Universitas Batam
  • Andrie Saputro Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/zm.v10i2.1418

Abstract

Suatu mesin tidak dapat hidup (Start) dengan sendirinya, maka dibutuhkan sebuah system yang menghasilkan tenaga yang berperan sebagai penggerak awal putaran mesin dan sering dikenal sebagai sistem starter. Namun, tidak semua motor memiliki sistem starter karena alasan masing-masing. Seperti pada motor klasik ( motor yang mulai banyak dilestarikan dan bernilai jual fantastis yang sering diburu para kolektor) sistem starter mungkin belum ada pada zamannya dan mungkin sebagian sudah ada namun part yang dibutuhkan sudah tidk di produksi lagi. Lain hanlya dengan motor balap, sistem strater tidak digunakan karena berpotensi menghambat power mesin. Rumusan masalah perancangan alat bantu start engine motor adalah mengetahui proses perancangan alat dan komponen yang akan dipilih. Dengan memilih motor lsitrik dengan daya 550 watt, dengan kecepatan putaran 2800 rpm, 3/4 hp, dan 1 fasa, kemudian diteruskan pada sproket/rantai yang berfungsi sebagai sistem transmisi yang terhubung dengan gear penggerak 1 dengan diameter 14mm dan gear yang digerakkan 14mm, dan diameter 2 poros yang digerakkan 17 mm, diamter poros penggerak 18 mm. Sebagai penopang dari poros ada 2 bantalan (Pillow bearing) yang terletak pada poros.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles