ANALISIS PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR DAN EMISI GAS BUANG AKIBAT PEMAKAIAN BAHAN BAKAR DENGAN OKTAN YANG BERBEDA

Authors

  • Ludwijk Abia Theodorus Siboro Universitas Batam
  • Abdul Hamid Universitas Batam
  • Basuki Rahmat Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/zm.v14i3.1704

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari waktu ke waktu mendorong manusia untuk menciptakan karya yang inovatif. Kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan beraneka ragam juga sebagai pemicu berkembangnya teknologi, di antaranya teknologi dalam bidang otomotif. Tujuan penelitian untuk mengetahui berapa performa serta emisi gas buang yang dihasilkan dari sistem pengapian TCI dan busi standar pada sepeda motor yang menggunakan bahan bakar pertalite,  pertamax dan pertamax turbo. Hasil Penelitian berupa torsi maksimum dan daya maksimum pada rpm tertentu terhadap masing-masing bahan bakar sehingga didapat perbedaan daya, torsi dan pengapian terhadap bahan bakar pertalite, pertamax dan pertamax turbo. Terhadap gas buang diperoleh hasil bahwa bahannbakar pertamax memiliki kadar O2 lebih besar dibandingkan yang menggunakan bahan bakar pertalite dan pertamax turbo. Simpulan penelitian ini yaitu daya tertinggi dan torsi tertinggi diperoleh dari pertamax turbo, kadar emisi gas buang bervariasai pada masing-masing bahan bakar tergantung pada putaran mesin. Kata Kunci: bahan bakar, daya, torsi dan gas buang.

Downloads

Published

2025-02-03

Issue

Section

Articles