HUBUNGAN ANTARA MASA KERJA DAN SIKAP KERJA TERHADAP KEJADIAN LOW BACK PAIN PADA CUSTOMER SERVICE DI BANK BNI KOTA BATAM TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.37776/zked.v14i3.1570Abstract
Latar Belakang: Indonesia merupakan salah satu negara industri yang ada di dunia dengan berbagai macam perusahaan salah satunya adalah perbankan. Tingginya angka perusahaan industry ini dapat menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan pada pekerjanya, salah satunya adalah low back pain yang dapat terjadi karena masa kerja dan sikap kerja seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara masa kerja dan sikap kerja terhadap kejadian low back pain pada customer service di Bank BNI Kota Batam Tahun 2021. Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Customer Service Bank BNI seluruh kota batam. Sampel berjumlah sebesar 54 orang. Uji analisis data menggunakan uji Chi Square dengan menggunakan program komputer. Hasil: Hasil analisis hubungan antara masa kerja dan sikap kerja terhadap kejadian low back pain pada customer service di Bank BNI Kota Batam Tahun 2021., didapatkan variabel yang berhubungan dengan kejadian low back pain adalah masa kerja dengan nilai P=0.000. Dan variable sikap kerja dengan low back pain P=0.000. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel masa kerja dan sikap kerja terhadap kejadian low back pain pada customer service di Bank BNI Kota Batam Tahun 2021. Kata kunci: Low Back Pain, Masa Kerja, Sikap KerjaDownloads
Published
2024-10-28
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Fachrul Jamal, Nopri Esmiralda, Oktavia Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.