EVALUASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4 TAHUN DI TK Al-QUDWAH TEMBESI

Authors

  • Azriya Shabila Ainunnahr Universitas Batam
  • Reny Anggreiny Universitas Batam
  • Maryana Maryana Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/jizp.v7i2.1712

Abstract

Perkembangan motorik halus merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia dini, yang melibatkan koordinasi otot kecil untuk melakukan gerakan yang lebih terperinci, seperti menggambar, menggunting, dan menjepit. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perkembangan motorik halus pada anak usia 4 tahun di TK Al-Qudwah, Tembesi. Metode yang digunakan adalah observasi partisipan, di mana observer ikut andil dalam kegiatan yang dilakukan oleh subjek. Subjek penelitian adalah 10 anak TK A yang berusia 4 tahun. Observasi dilakukan melalui lima jenis kegiatan, yaitu menebalkan garis bentuk sederhana, membuat mozaik, menggunting pipet, menempel pipet sesuai pola warna, dan menjepit serta memisahkan kacang-kacangan. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar anak memiliki perkembangan motorik halus yang cukup hingga baik, meskipun terdapat perbedaan tingkat pencapaian di antara mereka. Beberapa anak mampu menyelesaikan tugas dengan rapi dan cepat, sementara yang lain masih memerlukan bimbingan dalam mengontrol gerakan tangan dan fokus terhadap aktivitas. Secara keseluruhan, perkembangan motorik halus anak-anak di TK Al-Qudwah berada pada tahap yang sesuai dengan usianya, namun tetap diperlukan stimulasi dan latihan berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Kata kunci: Observasi, Perkembangan Motorik Halus, Anak Usia Dini

Downloads

Published

2025-02-19

Issue

Section

Articles