HUBUNGAN RESILIENSI AKADEMIK TERHADAP STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI C SMA NEGERI 26 BATAM

Authors

  • Yoven Yoven Universitas Batam
  • Dhea Amelya Saputri Universitas Batam
  • Novita Sari Universitas Batam
  • Indani Woronia Nure
  • Rismaida P Napitupulu Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/jizp.v7i2.1719

Abstract

Resiliensi akademik didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk tetap berprestasi dan mengatasi tantangan akademik meskipun menghadapi hambatan atau tekanan, yang mencakup adaptasi positif terhadap situasi sulit dalam lingkungan pendidikan. Stres akademik, di sisi lain, adalah reaksi emosional atau fisik yang muncul akibat tekanan dari tugas, ujian, atau tuntutan akademik yang dianggap melebihi kapasitas individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara resiliensi akademik dengan stres akademik pada siswa kelas XI C di SMAN 26 Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI C SMA 26 Batam, dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara langsung menggunakan dua alat ukur, yaitu Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) untuk mengukur tingkat stres akademik, dan alat ukur resiliensi akademik untuk mengukur kemampuan siswa dalam menghadapi tekanan akademik. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik korelasi untuk menentukan hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi antara resiliensi akademik dan stres akademik adalah r= 0.100 < p(n-2)= 0,334. Hal ini menunjukkan resiliensi akademik dan stress akademik tidak berkorelasi secara negatif. Artinya tidak adanya hubungan antara resiliensi akademik dan stress akademik.

Downloads

Published

2025-02-19

Issue

Section

Articles