PENGARUH KECEMASAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UMUM
DOI:
https://doi.org/10.37776/jizp.v7i3.1866Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, data dikumpulkan dari 300 mahasiswa aktif di berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang telah memiliki IPK. Instrumen kecemasan diadaptasi dari Academic Anxiety Scale dan prestasi akademik diukur berdasarkan IPK terakhir. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kecemasan akademik memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa (p = 0,024; R² = 0,169). Mayoritas responden mengalami kecemasan dalam tingkat ringan hingga sedang, dan prestasi belajar mereka umumnya berada dalam kategori cukup hingga baik. Temuan ini menegaskan pentingnya intervensi psikologis seperti konseling dan pelatihan manajemen stres untuk membantu mahasiswa mengelola kecemasan demi meningkatkan prestasi akademik. Kata kunci: Kecemasan Akademik, Prestasi Belajar, Mahasiswa, Regresi Linier, Psikologi PendidikanDownloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juhelka Nabila, Yougi Trie Syahputra, Maryana Maryana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.