PENGARUH KECEMASAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UMUM

Authors

  • Juhelka Nabila Universitas Batam
  • Yougi Trie Syahputra Universitas Batam
  • Maryana Maryana Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/jizp.v7i3.1866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, data dikumpulkan dari 300 mahasiswa aktif di berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang telah memiliki IPK. Instrumen kecemasan diadaptasi dari Academic Anxiety Scale dan prestasi akademik diukur berdasarkan IPK terakhir. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kecemasan akademik memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa (p = 0,024; R² = 0,169). Mayoritas responden mengalami kecemasan dalam tingkat ringan hingga sedang, dan prestasi belajar mereka umumnya berada dalam kategori cukup hingga baik. Temuan ini menegaskan pentingnya intervensi psikologis seperti konseling dan pelatihan manajemen stres untuk membantu mahasiswa mengelola kecemasan demi meningkatkan prestasi akademik. Kata kunci: Kecemasan Akademik, Prestasi Belajar, Mahasiswa, Regresi Linier, Psikologi Pendidikan

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles