HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XII SMAN 3 BATAM KOTA BATAM TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.37776/jizp.v1i3.708Abstract
Periode penting dalam proses tumbuh kembang anak adalah masa lima tahun pertama. yang merupakan masa kehidupan individu atau disebut dengan the golden period. Golden period merupakan masa dimana kemampuan otak anak untuk menyerap segala bentuk informasi sangatlah tinggi, karena sekitar 80% otak anak berkembang pada periode emas tersebut. Tujuan penelitian diketahuinya hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional pada siswa Kelas XII SMAN 3 Batam Kota Batam Tahun 2017.Jenis penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional, yang dilakukan di SMAN 3 Batam. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Populasi seluruh siswa SMA 3 dari kelas XII berjumlah 345 orang. Tehnik pengambilan sampel dengan simple random sampling, dan jumlah sampel sebanyak 135 orang siswa. Hasil univariat, Mayoritas distribusi frekuensi pola asuh orang tua adalah otoriter sebanyak 106 orang (78,5%), dan kecerdasan emosional mayoritas baik sebanyak 118 orang (87,4%), Uji-square diperoleh nilai p value = 0,023 ≤ 0,05 artinya terdapat Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas XII SMAN 3 Kota Batam Tahun 2017.Terdapat terdapat Hubungan  Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas XII SMAN 3 Kota Batam Tahun 2017.References
Agustiawati I (2014). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 26 Bandung Universitas Pendidikan Indonesia. Http://Www.Repository.Upi.Edu. Diakses Tanggal 9 April 2017
B. Uno, Hamzah. (2008). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Erindra Bc (2009). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Rogram D Iv Kebidanan Fk Uns. Https://www.Google.Co.Id/Search?. Diakses Tanggal 9 April 2017
Gunawan, I. (2008). Kecerdasan Emosi Bekal Terpenting Anak. Http://Keyanaku.Blogspot.Com/2007/12/Kecerdasan-Emosibekalterpenting-Anak.Html. Diakses Tanggal 9 April 201
Hamzah B. Uno (2008). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Habibi, M. (2009). Program Bimbingan Bagi Orang Tua Dalam Penerapan Pola Asuh Untuk Meningkatkan Kematangan Sosial Anak (Studi Kasus Anak Dan Orang Tua Di Tk Islam Terpadu Anak Sholeh Mataram). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (Tidak Dipublikasikan)
Hidayatullah (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Pada Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di Kb-Tk Anak Cerdas Pp Paudni Regional Ii Semarang. Http://Perpusnwu.Web.Id/Karyailmiah/Documents/4078.Pdf. Diakses 7 April 2017
Junaidi, Wawan, (2010). Macam-Macam Pola Asuh Orang Tua. Http://Www.Lintasberita.Com/Go/940627. Diakses Tanggal 24 April 2017
Kemenkes RI (2011). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Profil Kesehatan Indonesia. 2010 Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 2011
Kurnia, R (2012). Hubungan antara Konsep Diri dan Kecerdasan Emosi dengan Agresivitas pada Siswa Kelas XI Man Klaten. http://www.urnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id Diakses 14 April
Malahayati. (2009). Siap Menjadi Genius Sejak Dini Iq, Eq, Sq Untuk Anak Usia 3-7 Tahun. Jakarta: Kendi Mas Media
Nasution, Kemala I (2008). Stres Pada Remaja. http://library.usu.ac.id/download/fk/132316815(1).pdf. Diakses 14 April
Notoatmdjo, S (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi 1. Jakarta: Pt. Rineka Cipta
Okta, Sofia. (2009). Tindakan Remaja Pada Masa Pubertas. Http://www.Sofia-Psy.Staff.Ugm.Ac.Id. Diakses 14 April
Pambudi R (2014). Pengaruh Faktor-Faktor Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Bappeda Kota Semarang Http://Eprints.Undip.Ac.Id/43784/1/12_Pambudi.Pdf. Diakses Tanggal 9 April 2017
Papuli (2008). Pola Asuh Pengaruhi Kognitif Anak. Http://Www.Kompasiana.Com/Www.Fadilah.Asmarani.Com/Pola-Asuh-Pengaruhi-Kognitif-Anak_552ae1256ea834e122552d05. Diakses Tanggal 9 April 2017
Rauf, A. (2008). Dampak Pergaulan Bebas Remaja. PT. Gemilang. Jakarta.
Rina M. Taufik. (2009). Pola Asuh Orang Tua. Http://Www.Tabloid_Nakita.Com.Diakses Tanggal 9 April 2017
Rudi, (2015). Dampak Kesalahan Pola Asuh Anak. https://www.erudisi.com/dampak-kesalahan-pola-asuh-anak. Diakses Tanggal 20 April 2017
Rumengan J, (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan Penuntun Praktis Bagi Pemula. Jogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Sam, Arianto. (2008). Pengertian Fasilitas Belajar, Http://Sobatbaru.Blogspot.Com/2008/10/Pengertian. Diakses Pada 21 April 2017)
Silitonga Sr (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Emosional Remaja Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 14 Medan Tahun 2015. Http://103.15.241.30:8123/Inlislite3/Uploaded_Files/. Diakasese 24 April 2017
Suparyanto (2010). Konsep Pola Asuh Anak. Http://Dr-Suparyanto.Blogspot.Co.Id/2010/07/Konsep-Pola-Asuh-Anak.Html. . Diakses Tnggal 22 April 2017
Theresia Si (2008). Pola Asuh Penuh Cinta. Http://Www.Polaasuhpenuhcinta.Com. Diakses 21 April 2017
Yusriana (2013). Hubungan Antara Kecerdasan EmosionalDengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.