Jurnal Ilmiah Zona Psikologi https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi <p align="justify">Jurnal Ilmiah Zona Psikologi adalah Jurnal peer-review yang dikelola oleh Program Studi Psikologi Universitas Batam. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi bertujuan untuk mempublikasikan artikel di bidang ilmu Psikologi, diantaranya bidang Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikometri, Psikologi Eksperimen, Psikologi Terapan, baik penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi Konsisten dengan tujuannya, memberikan wawasan di bidang ilmu psikologi untuk akademisi, praktisi, peneliti, regulator, mahasiswa, dan pihak lain yang tertarik dalam pengembangan ilmu psikologi.</p><p align="justify">Jurnal Ilmiah Zona Psikologi menerima naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi menerima manuskrip dari penulis Indonesia dan juga penulis dari berbagai belahan dunia.</p><p align="justify">Jurnal Ilmiah Zona Psikologi terbit reguler tiga kali dalam satu tahun (bulan Oktober, Februari, Juni). Jurnal Ilmiah Zona Psikologi ini terbit perdana dalam media cetak pada bulan Oktober 2018. Minimal 5 artikel setiap terbitan.</p> en-US <p>Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.</p> [email protected] (Cevy Amelia, M.Psi., Psikolog) [email protected] (Ns. Mutia Amalia Lubis, M.Kep) Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 LITERATURE RIVIEW :TERAPI MINDFULNESS MENGATASI KECEMASAN PADA LANSIA https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1400 <p><strong>Latar belakang: </strong>Lansia adalah fenomena alami yang melibatkan penurunan kondisi fisik dan psikologis yang saling berpengaruh. Proses penuaan pada lansia disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya kecemasan, seperti penurunan fungsi fisiologis tubuh. Kecemasan pada lansia dapat menjadi lebih parah jika tidak segera ditangani, dan gangguan kecemasan dianggap sebagai masalah kesehatan umum yang mempengaruhi kualitas hidup pada lanjut usia. Salah satu metode alternative yang bisa digunakan untuk mengurangi kecemasan adalah dengan menerapkan teknik <em>Mindfulness</em>. <em>Mindfulness</em> ialah suatu bentuk terapi untuk melihat dengan cara yang istimewa. <strong>Tujuan</strong>: Dari <em>literature review </em>ini adalah untuk mengetahui terapi <em>mindfulness.</em><strong> Hasil: </strong>ulasan dari 6 artikel menunjukkan bahwa terapi <em>Mindfulness</em> efektif dalam mengatasi kecemasan pada lansia.</p> Yesicha Dauri, Rismaida P.A. Napitupulu, Nur Hafidza Fitri, Theresya Margareta Copyright (c) 2024 Yesicha Dauri, Rismaida P.A. Napitupulu, Nur Hafidza Fitri, Theresya Margareta http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1400 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0000 EFEKTIFITAS PELATIHAN BERPIKIR POSITIF PADA EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA SMA https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1402 <p>Efikasi diri menurut Bandura adalah evaluasi seseorang terhadap kemampuan&nbsp; atau kopetensinya untuk melakukan sebuah tugas, mencapai tujuan, atau mengatasi hambatan. Efikasi adalah penilaian diri, apakah seseorang dapat melakukan tindakan yang baik atau buruk, benar atau salah, bisa atau tidak bisa mengerjakan sesuai apa yang disuruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Berfikir Positif Terhadap Anak SMA. metode penelitian ini mnggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara secara langsung. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi pada diri seseorang dapat mempengaruh cara berpikir positif seseorang untuk menyelesaikan tugas yang diberikan</p> Cevy Amelia; Febi Enjelika Putri, Vionanda Ramadhani Copyright (c) 2024 Cevy Amelia; Febi Enjelika Putri, Vionanda Ramadhani http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1402 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0000 LITERATURE REVIEW : PENGARUH TERAPI MENULIS EKSPRESIF SEBAGAI BENTUK KATARSIS PADA INDIVIDU YANG MENGALAMI DEPRESI DAN KECEMASAN https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1397 <p>Menulis dapat memberikan pengalaman emosional yang memungkinkan seseorang mengurangi gejala yang mengganggu dan meningkatkan kesejahteraan fisik dan psikologis melalui proses katarsis. <em>Katarsis</em> adalah cara seseorang mengekspresikan diri dengan melepaskan emosi yang terpendam. Katarsis juga bisa dianggap sebagai cara untuk membersihkan konflik dalam diri seseorang dengan berbicara atau mengekspresikan makna dari konflik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana katarsis melalui terapi menulis mempengaruhi mahasiswa yang menderita depresi dan kecemasan. Dalam studi ini, enam jurnal yang relevan dengan topik <em>"</em><em>Literature Review</em>: <em>Pengaruh Terapi Menulis Ekspresif Sebagai Bentuk Katarsis Pada Individu Yang Mengalami Depresi Dan Kecemasan"</em> telah direview. Studi ini berdasarkan pada sejumlah jurnal penelitian tentang katarsis dalam terapi menulis. Penelitian ini menggunakan metode <em>literature review</em> untuk mengumpulkan data. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan katarsis dalam terapi menulis bisa membantu individu untuk mengekspresikan emosi yang dirasakan. Peneliti menemukan bahwa katarsis dalam terapi menulis berdampak positif dan direkomendasikan untuk penelitian&nbsp;selanjutnya.</p> Faradila Putri Hartono, Izura Rochma, Laili Fatimatuzzahro, Shintya Nabilla, David Desmoon Copyright (c) 2024 Faradila Putri Hartono, Izura Rochma, Laili Fatimatuzzahro, Shintya Nabilla, David Desmoon http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1397 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0000 LITERATURE REVIEW: PENGARUH COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1395 <p>Perkembangan zaman yang modern menyebabkan semakin populernya <em>game online</em>/digital diberbagai kalangan, khususnya remaja. Tidak heran jika <em>game online</em> telah menjadi masalah kecanduan bagi banyak anak muda. <em>Cognitive Behavioral Therapy </em>atau terapi perilaku kognitif (CBT) telah diidentifikasi sebagai pendekatan yang memungkinkan untuk kecanduan ini. Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi beberapa aspek efektif dari terapi perilaku kognitif (CBT), termasuk penggunaan teknik kognitif dan perilaku untuk mengubah pola pikir. <em>Literature review</em> ini mengkaji pengaruh <em>Cognitive Behavioral Therapy</em> terhadap kecanduan <em>game online</em> pada remaja. Metode yang digunakan dalam tinjauan literatur ini adalah pendekatan sistematis untuk melakukan analisa data secara <em>simplified approach</em>. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terapi perilaku kognitif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan dalam mengurangi kecanduan <em>game online</em> dengan meningkatkan pemahaman remaja tentang pola berpikir dan perilaku yang mengarah pada kecanduannya itu sendiri. Terapi ini juga membantu mereka mengembangkan strategi pengendalian diri dan keterampilan pemecahan masalah yang membantu mereka menghadapi keinginan&nbsp; untuk bermain <em>game</em> secara berlebihan.</p> Dhea Amelya Saputri, Maryana, Novita Sari, Indani Woronia Nure Copyright (c) 2024 Indani Woronia Nure, Dhea Amelya Saputri, Novita Sari, Maryana http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1395 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0000 TRAINING NEED ANALYSIS PADA APOTEK VITKA FARMA WINDSOR KOTA BATAM https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1398 <p>Apotek merupakan tempat sarana pelayanan kesehatan agar manusia bisa mendapatkan obat dan pelayanan kesehatan. Tujuan untuk melihat ada atau tidaknya kesenjangan antara kinerja yang dimiliki oleh karyawan dengan yang diharapkan oleh organisasinya serta menemukan faktor yang menyebabkannya terjadinya kesenjangan tersebut. Subjek berjumlah 17 orang karyawan apotek vitka farma windsor kota batam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam analisa kebutuhan <em>training </em>adalah wawancara semi terstruktur.</p> Wulandari Ramayana, Ika Novita Sari, Audita Firlly, Rafifah Triananda Suhardi Copyright (c) 2024 Wulandari Ramayana, Ika Novita Sari, Audita Firlly, Rafifah Triananda Suhardi http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1398 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0000 TRAINING NEEDS ANALYSIS PADA PT PRODUKSI SABUN (NUC CLEAN) SUB BATAM https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1399 <p><em><span style="font-weight: 400;">Training Needs Analysis</span></em><span style="font-weight: 400;"> (TNA) adalah suatu metode untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan. Pelatihan merupakan faktor terpenting dalam pengembangan karyawan. Pelatihan adalah suatu proses yang mencakup serangkaian kegiatan (usaha) yang dilakukan secara sadar untuk membantu pegawai selama satuan waktu, dilaksanakan oleh tenaga profesional, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja peserta organisasi. Sebuah perusahaan start-up biasanya beroperasi dengan cara yang lincah, dan tidak jarang banyak karyawan yang kesulitan mencapai tujuan pekerjaannya. Dalam penelitian yang </span><em><span style="font-weight: 400;">Training Needs Analysis</span></em><span style="font-weight: 400;"> Pada Pt Produksi Sabun (Nuc Clean) Sub Batam</span> <span style="font-weight: 400;">ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil </span><em><span style="font-weight: 400;">Training Needs Analysis </span></em><span style="font-weight: 400;">(TNA), maka pelatihan yang dibutuhkan bagi karyawan PT GPI gedang perkasa adalah pelatihan manajemen waktu serta pelatihan </span><em><span style="font-weight: 400;">leadership</span></em><span style="font-weight: 400;"> untuk owner, Evaluasi dan Komunikasi (Kurang berjalannya proses komunikasi antara karyawan dengan karyawan, dan atasan dengan karyawan). Pelatihan manajemen waktu bertujuan agar karyawan dapat mengatur dan membagi waktu lebih baik lagi.&nbsp;</span></p> Yoven, Yuditia Prameswari , Regina Athia Mayalianti , Arsila Chairunnisa Copyright (c) 2024 Yoven, Yuditia Prameswari , Regina Athia Mayalianti , Arsila Chairunnisa http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/1399 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0000