TRANSFORMASI MEDIA PEMASARAN UMKM BATIK KAMPUNG KELEMBAK BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL

Authors

  • John Friadi Universitas Batam
  • Bambang Satriawan Universitas Batam
  • Diana Titik Widayanti Universitas Batam
  • M. Sigid Safarudin Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/pend.v1i1.1226

Keywords:

Transformasi, Pemasaran, UMKM, Teknologi, Digital, E-Commerce

Abstract

Globalisasi dan perkembangan teknologi termasuk internet mempengaruhi bisnis dan organisasi termasuk UMKM sehingga UMKM perlu membuat terobosan, inovasi, beradaptasi, berubah  dan membuat strategi baru dalam pemasaran produk dan jasa agar dapat berkompetisi dan mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Searah dengan perkembangan teknologi digital di era globalasisasi ini maka UMKM terus berupaya untuk mengadopsi dan melakukan transformasi media pemasaran berbasis teknologi digital. Penelitian ini merupakan penelitian pengabdian masyarakat dengan membuatkan aplikasi teknologi digital e-commerce menggunakan website dan pendampingan. Transformasi media pemasaran berbasis teknologi digital e-commerce akan memberikan manfaat bagi UMKM Batik Kampung Kelembak untuk meraih pelanggan dengan segmentasi pasar yang lebih luas, bisnis dapat dilakukan 24 jam tanpa batas ruang dan waktu serta  dapat menghemat biaya pemasaran.

References

Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deep Publish.

Yazid, A. A., Rofiq, A., & Ismail, M. (2022). Transformasi Digital Dan Industri Halal Pada UMKM Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Istiqro, 8(2), 215-224.

Yoo, Y. (2010). Computing in everyday life: A Call For Research On Experiential Computing. MIS Quarterly, 34 (2), 213–231.

Briel, F. V., Davidsson, P.,& Recker, J. (2018). Digital Technologies As External Enablers of New Venture Creation In The IT Hardware Sector. Entrepreneurship Theory and Practice, 42(1), 47–69.

Vial, G. (2019). Understanding digital transformation: A review and a research agenda. The Journal of Strategic Information Systems, 28(2), 118–144.

Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2), 112-119.

Friadi, J. (2022). Sosialisasi dan Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM Baby Smart Bubur Bayi Berbasis E-Commerce. Jurnal Pengabdian Barelang, 4(1), 71-77.

Haries, T. M., Jemmy, J., Husnan, R., & Friadi, J. (2021). Pengembangan E-Commerce UMKM Ikan Cupang Hias AJO BETA dengan Metode SWOT. Zona Teknik: Jurnal Ilmiah, 15(2), 36-40.

Friadi, J., Kom, S., Bambang Satriawan, S. E., Safarudin, M. S., Kom, S., Nolla Puspita Dewi, S. E., ... & Windayati, D. T. (2022). KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PRODUK. Samudra Biru.

Hasanah, E., Pertiwi, D., Satrio, H., & Prasetya, H. D. (2020). Analisa Kelayakan Bisnis Terhadap UMKM Gila Cemilan dalam Masa Pandemi Covid 19. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 1(1), 13-22.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

John Friadi, Bambang Satriawan, Diana Titik Widayanti, & M. Sigid Safarudin. (2023). TRANSFORMASI MEDIA PEMASARAN UMKM BATIK KAMPUNG KELEMBAK BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL. Jurnal Pendekar Nusantara, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.37776/pend.v1i1.1226

Issue

Section

OKTOBER 2023