UPAYA MEREDUKSI PERILAKU BULLYING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA MTS NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Authors

  • Torang Siregar Universitas Negeri Yogyakarta
  • Marsigit Universitas Negeri Yogyakarta
  • Atmini Universitas Negeri Yogyakarta
  • R Rosnawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Karyati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37776/pend.v1i3.1349

Keywords:

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Mereduksi, Perilaku Bullying, Role Playing, Teknik, Upaya.

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya mereduksi perilaku bullying melalui bimbingan dengan teknik role playing pada siswa MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Manfaat penelitian tindakan bimbingan konseling adalah sebagai berikut : Meningkatkan pemahaman siswa tentang perilaku bullying, Membuat tindakan kuratif yang tepat yang bisa dilakukan oleh steakholder madrasah, Mengurangi perilaku bullying di madrasah. Bullying yang terjadi di MTsN 1 Padangsidimpuan tidak hanya terjadi antar siswa laki-laki saja, hal ini juga umum terjadi pada siswa perempuan. Namun bullying yang terjadi antar siswa laki-laki biasanya berupa bully fisik dan verbal sedangkan bullying yang biasanya terjadi antar siswa perempuan dengan verbal dan/atau melalu media sosial (cyber bully). Frekuensi pengaduan yang tinggi di madrasah menggambarkan kasus bullying sering terjadi. Terkadang kasus bully terjadi karena disengaja maupun tidak disengaja. Role play adalah campuran antara terapi conditioned refleks (reflek terkondisi) dari salter, teknik psikodrama dari Moreno,dan fixed role terapy (terapi peran tetap) dari Kelly. Pada kebanyakan role play pemeran memainkan peranannya sendiri, peran orang lain, sebuah keadaan di seputar situasi, atau rekasi-raksinya sendiri. Orang itu kemudian menerima umpan balik oleh konselor professional atau para anggota kelompok jika role play dilakukan dalam konteks kerja kelompok. Teknik ini di pilih karena membuat siswa dapat merasakan secara langsung berperan sebagai pelaku, korban maupun saksi. Sehingga emosi, perasaan dan penilaian yang positif dapat langsung dirasakan oleh siswa. Maka dari itu,  peneliti mengambil PTBK dengan judul “Upaya Mereduksi Perilaku Bulliying Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Mts Negeri 1 Padangsidimpuan”

References

DAFTAR PUSTAKA

Anderson, L.W & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. NewYork: Addison Wesley Longman.Inc.

Arie dkk. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Untuk Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Makasar: Yayasan barcode.

Arikunto, S dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Aryanti. 2020. Inovasi Pembelajaran Matematika di SD. Yogyakarta. CV Budi Utama.

Arikunto, S dkk. (2014). Prosedur Penelitian suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S, Prof. Dr. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Baroroh, K. (2021). Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(2).

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dewi, A.Y. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Berkomunikasi Guru Di kelas Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IIS MAN Se-Kota Tasikmalaya. [Online]. Tersedia: https://repositori.unsil.ac.id/618/. (13 Februari 2023).

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2023). Strategi belajar mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2016). Strategi belajar mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Eveline, S dan Hartini, N. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Fitrianingtyas, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. Jurnalmitrapendidikan, Volume 1, Nomor 6, Agustus 2017.

Gamon, D., & Bragdon, A. D. (2005). Cara baru mengasah otak dengan asyik: temuan-temuan mutakhir tentang kinerja dan struktur otak plus permainan-permainan heboh untuk mengasah 6 zona kecerdasan. Kaifa.

Goleman, D. (2014). Working With Emotional Intelligence. (Terjemah Alex Tri Kancono Widodo). Jakarta: PT. Gramedia

Herminarto, S. (2015). Metodologi Pembelajaran Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

Herminarto, S. dkk. (2017). Pengembangan Model pembelajaran Problem based Learning dalam penerapan Kurikulum 2013 di SMK. Yogyakarta: UNY Press 2017.

Komalasari, G., & Wahyuni, E. (2021). Teori dan teknik konseling. Jakarta: Indeks.

Luddin, A. B. M. (2020). Dasar dasar konseling. Bandung: Pustaka Media Perintis

Mangkunegara, A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mardapi, D. 2021. Teknik penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes, Yokyakarta : Mitra Cendikia Press.

Mugiarso, H, dkk. (2014). Bimbingan dan Konseling. Semarang: Universitas Negeri: Semarang Press.

Muhibbin, S. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mutiyaningsih, E. (2021). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Popytasari, H. (2021). Teknik Role Playing dalam Bimbingan dan Konseling untuk Perilaku Bullying di Sekolah Menengah. Jurnal Fokus Konseling, 7(2), 76-89.

Prayitno & Amti, E. (2014). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prayitno, Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan profil), Jakarta: Ghalia Indonesia. 2023

Purwanto. 2021. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahmawati, H. (2020). Filosofi PBL dan Strategi Pembelajaran. Universitas Andalas

Rahmawati, R. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. [Online]. Tersedia: https://eprint.uny.ac.id/41152/1. (13 Februari 2023).

Rahmi S. 2021. Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press

Resto dan Rego. 2021. Problem based Learning VS Sains Teknologi Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa. Indramayu: Adap CV Adanu abimata.

Romlah, T. (2001). Bimbingan Kelompok, Malang: UNM.

Rusman. (2012). Belajar & Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Rusmana, N., (2019). Bimbingan dan Konseling Kelompok Disekolah (Metode, Teknik dan Aplikasi). Bandung: PT Rizqi Press.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2017). Srategi Pembelajaran Berorientasi StandarProses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Penelitian KelasJakarta.

Sanjaya, W. (2020). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, A dkk. (2014). Model Pembelajaran Problem Based Learning Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Sinar. (2018). Metode Active Learning (Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa). Yogyakarta: Budi Utama

Sofian, M. dkk. (2018). Problem Based Learning (PBL) in Teaching English for Students of Primary School Teacher Education Department. [Online]. Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ELIF. (02 Februari 2023).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamdinata, N.S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sukmadinata, N S. (2021). Landasan Psikologi Proses Pemdidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2018). Cooperative Learning Teori dan Apliaksi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisa di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utari, D. W. (2021), Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tungkal Ulu, Skripsi (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021).

Widodo.2013. Penerapan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA Mts Negeri Dono Mulyo Kulon Probo Tahun Ajaran 2012/2013. Volume. XVII, No.49, ISSN:1410-2994.

Yanti & Widya. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakteristik Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta: Deepublish CV Budi utama.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Torang Siregar, Marsigit, Atmini, R Rosnawati, & Karyati. (2024). UPAYA MEREDUKSI PERILAKU BULLYING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA MTS NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Pendekar Nusantara, 1(3). https://doi.org/10.37776/pend.v1i3.1349

Issue

Section

FEBRUARI 2024