UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SD 01 KOTA PADANGSIDIMPUAN

Authors

  • Torang Siregar UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Suparni UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Ahmad Nizar Rangkuti UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Lelya Hilda UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Sinar Devi Harahap IPTS Padangsidimpuan
  • Hasratuddin Universitas Negeri Medan

Keywords:

Keywords: Efforts to Improve, Learning Achievement, Addition, Subtraction, Fractions, Learning Models, Contextual Teaching and Learning.

Abstract

The general aim of implementing the educational unit level curriculum is to make educational units independent and empowered by granting authority to educational institutions and encouraging schools to make participatory decisions in developing the curriculum. Most elementary school teachers often fail to complete the material satisfactorily. After carrying out initial learning at the author's place of teaching at SD Negeri I Padangsidimpuan City class V, they experienced failure in completing with the following results: There were 14 students who got a score of less than 75 or 66.7% with a KKM of 75. Those who got a score of 75 or more there were 7 students or 33.3% with a KKM of 75. In this lesson the researcher carried out activities in accordance with the lesson implementation plan. At first the students looked active and enthusiastic, but when asked to do practice questions they were still confused about how to do it. After researchers analyzed the results of student work (formative tests) in initial learning, it was found that students did not understand the material. Of the 21 students who got a score above the KKM (75), only 7 students or 33.33%. With an average score of 60.0

References

DAFTAR PUSTAKA

Andayani, dkk.2009.Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka

.................. 2000. Jurnal Gentengkali Volume 3 Nomor 7. Surabaya, Kantor Depdiknas Wilayah Propinsi Jawa Timur.

.................. 2004. Kurikulum 2004 SMA. Pedoman Khusus Penyusunan Materi Pembelajaran. Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

________. Belajar Penelitian Tindakan. Alamat web :

ardhana12.wordpress.com/2008/ 01/25/belajar-penelitian-tindakan-kelas-yuuuk/. Diakses pada tanggal 25 Pebruari 2007

________. Metoda Pembelajaran. Alamat Web : www.salman-alfarisi.com

Diakses pada tanggal 25 Pebruari 2007

________. Pembelajaran Geografi Dengan Menggunakan Model Pemberian.

http://massofa.wordpress.com/2008/01/07/pembelajaran-geografi-dengan-menggunakan-model-pemberian/. diakses 26 Pebruari 2008

________. Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam upaya mengoptimalkan

pemebelajaran mata pelajaran KKPI. Alamat Web :

http://smkswadayatmg.wordpress.com/xmlrpc.php. diakses 26 Pebruari 2007

Anggoro, M. Toha, dkk.2008. Metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Aqip,Zaenal. 2004. Karya Tulis Ilmiah Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Yama Widya

Arikunto, dkk.2023. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Aqib, dkk. 2023.

Arikunto, S. dkk. 2023. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta :

PT Bumi Aksara.

Depdikbud, 1994. Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar, Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Depdikbud. 1996/1997. Media dalam Proses Pembelajaran I. Jakarta, Direktorat Pendidikan dasar dan Menengah.

Depdikbud. 1996/1997. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas VI Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2002. Pembinaan dan Pengembangan KLub Bakat, Minat, dan Kreatifitas Siswa. Jakarata: Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 SMA. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Deskripsi Tentang Aktivitas Kemadirian Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol. 5 No.1 Maret 200 8 Hal. 64-69 Fitriantoro, Suminto. 2023.

Diakses tanggal 20 Februari 2012 Kardiman. 2007. Prinsip-prinsip Akuntansi. Jakarta : Yudistira Kunandar, 2008.

Diakses tanggal 22 Februari 2012 Diedirch, B. Paul. 1967. Educational Psycology dalam Yunginger, Raghel. 2008.

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi

Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Djoko Moesono, Siti M. Amin. (2003). Matematika 5, Mari Berhitung SD Kelas IV. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Halaman_Depan.pd . Diakses 20 Februari 2012 Nurdahlia. 2009. Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Giving Questions and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang. http://sucikorafi.multiply.com/journal/item/4. Diakses 15 Februari 2012

Hamalik, Oemar. 1980. Media Pendidikan. Bandung, Alumni.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Hasan, Syamsuri.2011. Model Cooperative Learning Tipe Group Investigarion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perawat dan Perbaikan Sistem Refrigerasi. Volume VII Nomor 2 : INVOTEG. Diakses Tanggal 22 Februari 2012

Harmini, Sri dkk. 2004. Model bermain Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah di Kelas III SD Negeri Tlogomas Kota Medan. Laporan Penelitian. Medan. Universitas Negeri Medan.

Haviluddin. 2023. Active Learning Berbasis Teknologi Inf ormasi (ICT). Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 5 No.3 September 2023.

http://sejarahklasik.blogspot.com/2023/03/penerapan -metode-giving-questionand.html. Diakses tanggal 15 Februari 2012

Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Brahim, Theresia. 2007.

Ischak.1999. Model-model Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Dekdikbud UT.

Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada Muktiani, Endah. 2012.

M. Mukti Aji, Henny Listyastuti. (2003). Matematika 4b Kelas IV Semester 2. Klaten : Intan Pariwara.

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung, Rosdakarya.

Nasution, S. 1995. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta, Bumi Aksara.

Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya. Bloom, Benyamin. 1975. Taxonomi of Education Objective dalam Sadirman A,M. 2009.

Penerapan Meode Giving Questions and Getting Answer Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan.

Penerapan Metode Pembelajaran Giving Question and Gtting Answer Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. etd.eprints.ums.ac.id/17318/1/02._

Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur - No.09/Tahun ke-6/Desember 2007.

Permana, Budi. 2001. Seri Penuntun Praktis Microsoft Word 2003. Jakarta :

PT Gramedia.

Radyastuti, W. dkk. 2000. Pedoman Pelaksanaan Tindakan Kelas. Medan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi.

Rusdarti.2023. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kontekstual. Semarang: Diklat BPPn Jawa Tengah.

Russeffendi. 1988. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran matematika. Bandung, Tarsito.

Sagala, H.Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung :

CV Alfabeto

Semiawan C. dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreatifitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.

Sodikin. 2004. Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Geometri di Kelas IV SD. Tesis, PPs Unesa, Surabaya.

Soedjadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta, Dirjen Dikti, Depdikbud.

Somerset, A. 1997. Strengthening Quality in Indonesia’s junior Secondary School on Overvies Issues Initiatives. MOEC, Jakarta.

Sudjana, N. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung, Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2005. Metode Penelitia., Bandung :

PT Remaja Rosdakarya.

Suparjo, dkk. 2008. Gemar Matematika 5. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Suwanda, Dodo. 2007. Diktat Belajar Komputer jilid 3 dan 4.

TIM BINA KARYA GURU. (2003). Trampil berhitung Matematika kelas 4 Semester 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

Tim Bina Karya Guru. 2004. Terampil Berhitung Matematika 5. Jakarta: Erlangga

Utami Munandar. 1992. Pemanduan Anak Berbakat. Jakarta: Rajawali.

Wahab, Aziz. dkk. 2005. Buku Materi Pokok PPKn (Modul 10-12). Jakarta: Debdikbud. Universitas Terbuka.

Wardani, IGAK, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Winataputra, Udin S, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Yufiari. 2002. Penerapan Pembelajaran Koilaboratif. Jakarta: Depdiknas. Dirjen Dikdasmen. Majalah fasilitator. Edisi I.

Yuli, S. 2002. Membangkitkan Kreatifitas Anak di Sekolah. Jakarta: Depdiknas. Buletin PUsat Perbukuan. Volime VII.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Torang Siregar, Suparni, Ahmad Nizar Rangkuti, Lelya Hilda, Sinar Devi Harahap, & Hasratuddin. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SD 01 KOTA PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Pendekar Nusantara, 1(2). Retrieved from https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/pendekar/article/view/1296

Issue

Section

FEBRUARI 2024