KETERAMPILAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DENGAN BIJAK DI ANTARA SISWA

Authors

  • Rosmawati Harahap
  • Arum Dwi Anjani
  • Rahmat Kartolo
  • Elvita Nora Susana

DOI:

https://doi.org/10.37776/pend.v2i2.1653

Keywords:

Edukasi, Bullying, Media Sosial

Abstract

Pelaksanaan PKM berjudul “Keterampilan Menggunakan Media Sosial dengan Bijak di Antara Siswa” dilaksanakan pada 4 November 2024 di Aula Universitas Batam, Gedung Auditorium Rumengan Hall. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keliterasian siswa SMA Islam Nabila Batam melalui pemanfaatan fitur Facebook. Masalah yang dihadapi antara lain: (1) apakah siswa SMA Nabila dapat memanfaatkan waktu belajar keliterasian di Facebook, (2) bagaimana agar mereka tertarik menulis di Facebook melalui metode PBL, dan (3) bagaimana meningkatkan pemahaman keliterasian di kalangan siswa. Kegiatan ini menggunakan metode Project Based Learning (PBL) untuk melatih siswa menulis puisi di Facebook. Setelah membuat akun, siswa diminta menulis pantun yang diucapkan dalam acara orator yang direkam melalui WhatsApp dan diposting di halaman Facebook mereka. Dengan cara ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis secara praktis melalui media sosial, yang dapat dibaca dan diedit meskipun sudah dipublikasikan.

References

A. Gani, R. (2014). Suka berbahasa Indonesia. Jakarta: Referensi

Anggraini, P. D. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2)

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda). (2021). Gambaran umum kondisi daerah. https://bapelitbangda.batam.go.id/wpcontent/uploads/sites/50/2021/08/Bab-II-Gambaran-Umum-Kondisi-Daerah_210821.pdf. Diakses tanggal 18 Juli 2024

Basir, A., Hitami, M., & Anwar, A. (2021). Implementasi Integrasi Ilmu Pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Islam Nabila Kota Batam. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 6(2), 95-108.

Dinas Pendidikan Kota Batam. (2019). Renstra 2016-2021 Dinas Pendidikan. https://disdik.batam.go.id/wp-content/uploads/sites/28/2019/05/RENSTRA-2016-2021-DINAS-PENDIDIKAN.pdf. Diakses tanggal 18 Juli 2024

Ndruru, M., & Tambunan, H. (2024). Analisis kemampuan literasi dan penalaran keliterasian siswa terhadap prestasi siswa SMK Negeri 1 Hilimegai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).

Rumengan, A. E., Anjani, A. D., & Aulia, D. L. N. (2024). PEMBERDAYAAN PRAKTEK MANDIRI BIDAN (PMB) DALAM MENINGKATKAN PROMOSI PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK MELALUI DIGITAL MARKETING. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 3(2), 120-125.

Syadran, N., Hartanto, S., & Hasibuan, N. H. (2023). Analisis kemampuan literasi numerasi siswa SMAN Nabila Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Keliterasian, 12(2), 209–219.

Downloads

Published

2025-02-03

How to Cite

Rosmawati Harahap, Arum Dwi Anjani, Rahmat Kartolo, & Elvita Nora Susana. (2025). KETERAMPILAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DENGAN BIJAK DI ANTARA SISWA . Jurnal Pendekar Nusantara, 2(2). https://doi.org/10.37776/pend.v2i2.1653

Issue

Section

FEBRUARI 2025