GERAKAN SEHAT: EDUKASI GIZI DAN HIGIENITAS ANAK SD NEGERI 005 TELUK SEBONG KABUPATEN BINTAN
DOI:
https://doi.org/10.37776/pend.v2i3.1847Keywords:
edukasi gizi, higienitas, anak sekolah dasar, pengabdian masyarakat, perilaku sehatAbstract
Masalah kekurangan gizi dan perilaku hidup tidak bersih masih menjadi tantangan kesehatan anak usia sekolah, terutama di daerah dengan akses terbatas terhadap informasi dan edukasi kesehatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan perilaku siswa SD Negeri 005 Teluk Sebong mengenai pentingnya konsumsi makanan bergizi dan kebiasaan mencuci tangan yang benar. Metode pelaksanaan mencakup edukasi interaktif menggunakan media visual, demonstrasi praktik cuci tangan, diskusi, serta pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas kegiatan. Sampel terdiri dari 30 siswa kelas V yang dipilih secara purposif. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa secara signifikan, dari 30% menjadi 80% untuk pengetahuan gizi, dan dari 40% menjadi 85% untuk pemahaman higienitas. Kegiatan ini juga mendapat respons positif dari pihak sekolah. Kesimpulannya, pendekatan edukatif yang partisipatif terbukti efektif dalam membentuk kesadaran dan perilaku hidup sehat sejak usia dini. Diharapkan program ini dapat dilanjutkan dan direplikasi di sekolah-sekolah lain dengan dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak.References
Fitriani, N., et al. (2020). Pengaruh Media Edukasi terhadap Pengetahuan Gizi Siswa SD. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 12(2), 89–96.
Fitriani, L., & Nugroho, T. (2021). Pengaruh Program UKS terhadap Absensi Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 12(2), 105-112.
Hidayat, R., & Suharti, S. (2020). Efektivitas Edukasi Gizi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia, 8(1), 25-33.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. (2020). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020–2024. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.
Prasetyowati, R., & Khairunnisa, S. (2021). Hubungan Kebiasaan Cuci Tangan dengan Frekuensi Sakit Anak SD. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 33–39.
Putri, N., Agustin, R., & Kurniawati, S. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Edukasi Gizi Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(1), 45-53.
Sari, M. H. N., Mona, S., Handiana, C. M., Ulya, N. M., Suriati, I., Kartikasari, M. N. D., ... & Reffita, L. I. (2022). Metodologi Penelitian Kebidanan. Get Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UNICEF Indonesia. (2023). Kesehatan Anak dan Praktik Higiene di Sekolah
WHO. (2020). Global Handwashing Day Fact Sheet.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silvia Mona, Cevy Amelia, Ratna Dewi Silalahi, Stefanny Angelica Aritonang, Rika Anggraini, Sri novalina A, Haidawati, Sallu Ardiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.