GERAKAN SEHAT: EDUKASI GIZI DAN HIGIENITAS ANAK SD NEGERI 005 TELUK SEBONG KABUPATEN BINTAN

Authors

  • Silvia Mona
  • Cevy Amelia Universitas Batam
  • Ratna Dewi Silalahi Universitas Batam
  • Stefanny Angelica Aritonang Universitas Batam
  • Rika Anggraini Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Sri novalina A Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Haidawati Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Sallu Ardiyanti Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.37776/pend.v2i3.1847

Keywords:

edukasi gizi, higienitas, anak sekolah dasar, pengabdian masyarakat, perilaku sehat

Abstract

Masalah kekurangan gizi dan perilaku hidup tidak bersih masih menjadi tantangan kesehatan anak usia sekolah, terutama di daerah dengan akses terbatas terhadap informasi dan edukasi kesehatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan perilaku siswa SD Negeri 005 Teluk Sebong mengenai pentingnya konsumsi makanan bergizi dan kebiasaan mencuci tangan yang benar. Metode pelaksanaan mencakup edukasi interaktif menggunakan media visual, demonstrasi praktik cuci tangan, diskusi, serta pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas kegiatan. Sampel terdiri dari 30 siswa kelas V yang dipilih secara purposif. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa secara signifikan, dari 30% menjadi 80% untuk pengetahuan gizi, dan dari 40% menjadi 85% untuk pemahaman higienitas. Kegiatan ini juga mendapat respons positif dari pihak sekolah. Kesimpulannya, pendekatan edukatif yang partisipatif terbukti efektif dalam membentuk kesadaran dan perilaku hidup sehat sejak usia dini. Diharapkan program ini dapat dilanjutkan dan direplikasi di sekolah-sekolah lain dengan dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak.

References

Fitriani, N., et al. (2020). Pengaruh Media Edukasi terhadap Pengetahuan Gizi Siswa SD. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 12(2), 89–96.

Fitriani, L., & Nugroho, T. (2021). Pengaruh Program UKS terhadap Absensi Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 12(2), 105-112.

Hidayat, R., & Suharti, S. (2020). Efektivitas Edukasi Gizi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia, 8(1), 25-33.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. (2020). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020–2024. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Prasetyowati, R., & Khairunnisa, S. (2021). Hubungan Kebiasaan Cuci Tangan dengan Frekuensi Sakit Anak SD. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 33–39.

Putri, N., Agustin, R., & Kurniawati, S. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Edukasi Gizi Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(1), 45-53.

Sari, M. H. N., Mona, S., Handiana, C. M., Ulya, N. M., Suriati, I., Kartikasari, M. N. D., ... & Reffita, L. I. (2022). Metodologi Penelitian Kebidanan. Get Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UNICEF Indonesia. (2023). Kesehatan Anak dan Praktik Higiene di Sekolah

WHO. (2020). Global Handwashing Day Fact Sheet.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Silvia Mona, Cevy Amelia, Ratna Dewi Silalahi, Stefanny Angelica Aritonang, Rika Anggraini, Sri novalina A, Haidawati, & Sallu Ardiyanti. (2025). GERAKAN SEHAT: EDUKASI GIZI DAN HIGIENITAS ANAK SD NEGERI 005 TELUK SEBONG KABUPATEN BINTAN . Jurnal Pendekar Nusantara, 2(3). https://doi.org/10.37776/pend.v2i3.1847

Issue

Section

MEI 2025

Most read articles by the same author(s)