SELF-EFFICACY ACADEMIC PADA MAHASISWA

Authors

  • Regina Athia Mayalianti Athia Universitas Batam
  • Laili Fatimahtuzzahro Universitas Batam
  • Maryana Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/jizp.v6i3.1445

Abstract

Academic self-efficacy dalam diri mahasiswa agar dirinya mampu untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya yang berhubungan dengan kegiatan perkuliahan dan performansi akademik. Penelitian ini dilakukan untuk menguji Academic Self-Efficacy Scale (TASES) yang dirancang oleh Sagone dan Caroli (2014). Skala ini mengukur efikasi diri yang dirasakan dalam konteks akademis dan mencakup 25 item. Pada Academic Self-Efficacy Scale (TASES) memiliki 4 dimensi yaitu: self-engagement, pengambilan keputusan berorientasi pada diri sendiri, pemecahan masalah berorientasi pada orang lain, dan iklim interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 65 mahasiswa. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan  hasil akademik partisipan yang paling tinggi adalah kategori rendah dengan 24 partisipan.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles