SELF-EFFICACY ACADEMIC PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.37776/jizp.v6i3.1445Abstrak
Academic self-efficacy dalam diri mahasiswa agar dirinya mampu untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya yang berhubungan dengan kegiatan perkuliahan dan performansi akademik. Penelitian ini dilakukan untuk menguji Academic Self-Efficacy Scale (TASES) yang dirancang oleh Sagone dan Caroli (2014). Skala ini mengukur efikasi diri yang dirasakan dalam konteks akademis dan mencakup 25 item. Pada Academic Self-Efficacy Scale (TASES) memiliki 4 dimensi yaitu: self-engagement, pengambilan keputusan berorientasi pada diri sendiri, pemecahan masalah berorientasi pada orang lain, dan iklim interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 65 mahasiswa. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil akademik partisipan yang paling tinggi adalah kategori rendah dengan 24 partisipan.Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Regina Athia Mayalianti Athia, Laili Fatimahtuzzahro, Maryana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.