HUBUNGAN HARGA DIRI DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL REMAJA KELAS 2 DI SMK PUTRA JAYA SCHOOL BATAM

Authors

  • Amelia Reysa Universitas Batam
  • Mutiara Sukra Universitas Batam

Abstract

Masa remaja  mengalami pencapaian kematangan salah satunya adalah perkembangan emosional. Perkembangan emosional pada remaja seperti perubahan rasa malu, kesadaran diri, kesepian, serta depresi. Sementara harga diri pada remaja merupakan hasil adanya suatu bentuk penghargaan, perhatian, penilaian, serta perlakuan orang lain yang diterima remaja. Harga diri berperan aktif dalam perkembangan emosional remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan harga diri dengan perkembangan emosional remaja di SMK Putra Jaya School Batam. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas 2, yang berjumlah 21 responden dari jurusan keperawatan dan 30 responden dari jurusan farmasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini  adalah teknik stratified random sampling dengan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner RSE (Rosenberg Self-Esteem) untuk harga diri dan perkembangan emosional dengan alat ukur Subjecttive Well being dengan menggunakan kuesioner Satisfaction With Life Scale dan Positive Affectivity And Negative Affectivity Scale. Hasil uji statistik menggunakan Pearson Product Moment didapatkan p-value sebesar 0,000 < 0,05, sehingga, terdapat hubungan yang signifikan antar harga diri dengan perkembangan emosional remaja kelas 2 di SMK Putra Jaya School Batam.

Downloads

Published

2023-07-10

Issue

Section

Articles