KEMATANGAN SISWA BERDASARKAN NIJIMEEGSE SCHOOLBEKWAAMHEIDS TEST (NST)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kematangan anak pada usia TK untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah anak TK besar dari Australian International School (AIS) di Batam, yang berjumlah 6 responden dan dengan rentang usia 5-7 tahun. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengukuran yang digunakan pada penelitian ini adalah N.S.T (Nijimeegse Schoolbekwaamheids Test) dan observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan Teknik Statistik Sederhana. Hasil dari penelitian menunjukan dari 6 siswa yang mengikuti tes, berdasarkan hasil penelitian sudah memenuhi syarat untuk masuk Sekolah Dasar walaupun terdapat beberapa aspek yang terlihat kurang maksimal. 33% (2 anak) dinyatakan memiliki kesiapan yang maksimal yaitu Sangat Siap Sekolah (Skala NST) dan 67% (4 anak) berada pada kategori Siap Sekolah (Skala NST).Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Evy Susanti , Maryana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.