HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA/I KELAS XII IPS II DI SMAN 8 BATAM TAHUN 2018
DOI:
https://doi.org/10.37776/jizp.v1i3.716Abstract
Salah satu tolak ukur keberhasilan siswa dalam kegiatan pendidikan disekolah selama ini ditunjukkan dengan prestasi akademik Pada kenyataannya ditemukan tuntutan prestasi akademik pada siswa semakin tinggi sementara daya juang (Adversity Quotient) belajarnya biasa-biasa saja. Hal inilah yang menyebabkan tingkat keberhasilan siswa dalam prestasi akademik kurang sebagaimana diharapkan oleh sekolah, orang tua dan siswa itu sendiri. Keberhasilan mendapatkan prestasi ini sangat dipengaruhi oleh faktor motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan motivasi berprestasi. Subjek penelitian adalah beberapa siswa/I kelas XII IPS II SMA N 8 Batam. Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif dengan rancangan crossectional study. Jumlah sampel sebanyak 35 siswa kelas XII IPS II SMA N 8 Batam. Teknik pengumpulan data melalui pemberian kuesioner tentang hubungan adversity quotient dengan motivasi berprestasi. Analisis univariat disajikan dalam tabel distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan chi-square dengan sistem SPSS. Hasil penelitian dengan jumlah sampel 35 siswa, menunjukkan bahwa 12 siswa memiliki Adversity Quotient tinggi, 9 siswa (75.0%) diantaranya memiliki motivasi berprestasi tinggi, 12 siswa memiliki Adversity Quotient sedang, 8 siswa (66.7%) diantaranya memiliki Motivasi Beprestasi tinggi, 11 siswa memiliki Adversity Quotient rendah, 9 Siswa (81.8%) diantaranya memiliki Motivasi Berprestasi rendah. Berdasarkan hasil dari uji chi square didapatkan hasil p = 0.014. Angka tersebut menunjukan angka yang signifikan karena nilai p lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikan (α) = 5% (0,05)     Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara Adversity Quotient dengan Motivasi Berprestasi pada siswa kelas XII IPS II SMAN 8 Batam.References
Arikunto, Suharsimi, (2010), Metodologi Penelitian, Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Atkinson, R.L, Atkinson, R.C, Hilgard, E.R. (2009). Pengantar Psikologi (Edisi 8). Jakarta : Erlangga
Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fakhrurrozi. 2010. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Fear Of
Success pada Wanita Bekerja Dewasa Muda putri Adibah. Jurnal Psikologi. Universitas Gunadarma
Linda, S. 2009. Perbedaan Motif Prestasi Ditinjau dari Latar Belakang Paduan pada Mahasiswa Teknik Elektro ITM. Skripsi.
McClelland, D.C. (2010). Human Motivation. New York : Cambridge University Press.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Robbins, S. P. (2009) Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi. Edisi Kedelapan. Trans. Pujaatmaka, H & Molan, B. Jakarta: Pt. Prenlindo.
Rohwer, W. D., Rohwer, C. P., & Howe, J. R. B. (2009). Educational psychology. New York: Rinehart and Winston
Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan. (Alih Bahasa:Dina Angelica). Jakarta: Salemba Humanika.
Saputri, Rafy, Psikologi Islam: Tuntutan Jiwa Manusia ModernJakarta: Rajawali press, 2009
Sesanti, Diawinasis Mawi. (2012). Hubungan antara Tipe Kepribadian Carl Gustaf Jung dengan Adversity Quotient Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Malana: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Shoimah DW. Hubungan Adversity Quotient dan Self Efficacy dengan toleransi terhadap stres pada mahasiswa [Skripsi]. Surakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret; 2010.
Sopiatin, Popi dan Sohari Sahrani. 2011. Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.
Stoltz, P. G. (2009). Adversity Quotient. Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta. Grasindo
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. ,2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sujarwo. (2013). “Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian dalam Memilih Strategi Pembelajaranâ€. FIP UNY.
Sukadji, Soetarlinah & Evita E. Singgih-Salim. 2009. Sukses di Perguruan Tinggi (Edisi Khusus). Depok: Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Sukadji. 2009. Motivasi dalam Masyarakat. Jakarta: Gramedia
Yoga, Miarti. (2016). Adversity Quotient “agar anak tak gampang menyerahâ€. Solo: Tinta Medina
Downloads
Published
Issue
Section
License
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.