PELATIHAN KEBERSYUKURAN UNTUK MENINGKATKAN EMOSI POSITIF BAGI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS BATAM
Abstrak
Bersyukur adalah respons yang baik mengacu pada menerima sesuatu dari orang lain atau pengalaman yang terjadi. Rasa syukur tidak bisa dipahami hanya sebagai rasa syukur semata, tetapi bisa dipahami sebagai salah satu emosi positif yang bisa bermanfaat bagi kita. Emosi positif dapat meningkatkan keyakinan positif dalam diri, strategi koping yang efektif, kinerja tim, sifat kooperatif dan kolaboratif (Diener et al., 2019). Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah mahasiswa yang memiliki rasa bersyukur yang tinggi berarti mahasiswa yang sama memiliki emosi positif yang tinggi juga atau justru sebaliknya. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi semester 1 prodi Psikologi yang berusia 18-20 tahun yang berjumlah 12 orang. Metode yang digunakan ialah metode Pre-Post Test melalui alat ukur berupa roda perasaan dan penayangan video singkat. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitiatif dengan hasil menunjukkan adanya perubahan sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan penayangan video yang mana menghasilkan emosi positif bagi responden.Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dhea Amelya Saputri, Theresya Margareta, Shintya Nabilla
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.