HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA 3 – 5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK IT RABBANI BATAM CENTER TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.37776/jizp.v1i1.23Abstrak
Pola asuh merupakan hal penting pembentukan karakter anak, sehinggaa akan dapat mengontrol diri anak apabila keinginanya tidak terwujud dan menghindari anak dari hal-hal yang membahayakan dirinya maupun orang lain seperti berguling-guling, mengamuk, melempar barang dan sebagainya yang disebut dengan temper tantrum. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan temper tantrum pada anak usia 3-5 tahun di tk it rabbani Batam Center. Desain penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectionaldan pengambilan sampeltotal sampling, didapatkan sampel 35anak. Data diperoleh menggunakan kuesioner,data dianalisi secara univariat dan bivariat dengan komputer menggunakan Uji Statistik Chi Square. Hasil penelitian menunjukan pola asuh demokratis 24 anak (68,6%) dan 10 (41,7%) anak temper tantrum 14 (58,3 %) tidak temper tantrum sedangkan pola asuh otoriter terdapat 11 anak (31,4%) dan 9 anak (81,8%) temper tantrum 2 anak(18,2%) tidak temper tantrum dan tidak ditemukan pola asuh permisif dalam penelitian. Hasil uji statistik menunjukan (p= 0,027) sehingga Ho ditolak artinya adaHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Temper Tantrum pada Anak Usia 3-5 tahun di TK IT Rabbani Batam Center 2017. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Temper Tantrum pada Anak Usia 3-5 tahun di TK IT Rabbani Batam Center 2017.Referensi
Ayuning dan Gita Romadhona. 2015. Serunya Dunia Anak Usia Dini. Jakarta:Panda Media.
Chaplin,J . P. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta:Rajawali Pers.
Dariyo,Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung:Refika Aditama.
Dorland, W. A. N. 2010. Kamus Kedokteran Dorland, Ed. 31 Jakarta:EGC.
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Guyton,Arthur C dan John E. Hall. 2007. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta:EGC.
Hasan, Maimunah, 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta:diva press.
Hurlock Elizabeth B, 2010. Perkembangan Anak Jilid 1.Jakarta:Erlangga.
Hurlock Elizabeth B,2010. Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta:Erlangga.
Indraswari,Ayunita. 2012. Perilaku Sosial pada Kanak-Kanak Awal yang Mengalami Temper Tantrum ( Studi kasus di KB Permata Hati Desa Kebon Agung Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan ) Skripsi Universitas Negri Semarang.
Ismaya, Y. 2010. Pengaruh Penggunaan Timeout Terhadap Penurunan Temper Tantrum pada Usia Balita. Jrnal. Pekanbaru: PSIK UR.
Jayanti, N. 2010. Hubungan Antara pola Asuh orang tua dengan perilaku temper tantrum pada anak pra sekolah di TK asyiah bustanul athfa. Lamongan Semarang. http://digilib.unimus.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jtptunimus-gdlnikkenjaya5181&PHPSESSID=1e67af6fa4bdd962b254ed311c991538(Sitasi28 juni 2012).
Kementrian Agama Republik Indonesia. Mushaf AL-Qur’an Terjemah, Jakarta: Cv. Pustaka Jaya Ilmu.
Mireault, Gina, Trahan, Jessica.2007. Tantrums and Anxiety in Early Childhood. Journal ECRP ( Vol.9 No.2 Tahun 2007).
Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:PT Indeks.
Notoatmodjo, 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
Potegal, Michael., Whitney, Pamela., Green, James. 2011. Screaming, Yelling, Whining and Crying: Categorical and intensity differences in Vocal
Expressions of Anger and Sadness in Children's Tantrums. Journal of
Developmental and Behavioral Pediatrics Emotion. 2011 Oct; 11(5): 1124–
Pratisti, Wiwien Dinar. 2008. Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta:PT Indeks.
Sherwood, Laularee.2011. Fisiologi Manusia. Jakarta:EGC.
Soetjiningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta:Prenada Media Group.
Susila dan Suyanto. 2015. Metodologi Penelitian Cross Sectional. Klaten Selatan:Bosscript.
Tandry, N. 2010. Bad Behaviour, Tantrums and Tempers. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.
Tiffany, Cooke & Gray, Lawrence. 2012. Temper Tantrums and Management.Pediatrics University of Chicago.
Wakschlag, Lauren S., Choi, Seung W., Carter, Alice S. 2012. Defining the developmental parameters of temper loss in early childhood: implication for developmental psychopathology. The Journal of Child Psychology and Psychiatry (Vol. 53, No.11, November 2012).
Yusuf, H. Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.