PENGARUH PENYULUHAN TENTANG HIV/AIDS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS XII SMA NEGERI 21 BATAM
DOI:
https://doi.org/10.37776/jizp.v1i2.543Abstrak
Menurut  badan  PBB menyebutkan  sekitar  71.000  remaja  berusia antara 10 dan 19 tahun meninggal dunia karena virus HIV pada tahun 2005. Bahwa masa  remaja adalah usia yang rentan dimana keadan emosionalnya masih labil dan keinginan  untuk mencoba  hal-hal  baru sangat  tinggi  yang  menjerumus  ke  arah HIV/AIDS. Penyebab tingginya kejadian HIV/AIDS pada remaja dipengaruhi banyak hal diantaranya kurangnya pengetahuan dan sikap mereka tentang HIV/AIDS. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS pada siswa SMA Negeri 21 Batam.Desain penelitian ini adalah Pre Eksperiment (one group pre-post test).  Populasi  kelas XII SMA Negeri  21 Batam  dengan jumlah 41 orang. Teknik Pengambilan sampel  dilakukan dengan Total  Sampling. Data  dikumpul  melalui pengisian kuisioner pengetahuan dan sikap. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan computer menggunakan uji statistic Wilcoxon.Hasil penelitian dengan uji wilcoxon diperoleh nilai significancy (sig) sebesar 0,000 (Ï < 0,05), menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap siswa tentang HIV/AIDS. Responden berpengetahuan baik sebelum  penyuluhan  0  orang  (0%)  dan  sesudah  penyuluhan  38  orang  (9,7%). Responden yang bersikap positif sebelum penyuluhan 5 orang (12,2%) dan sesudah penyuluhan 37 orang (90,2%).Bahwa terdapat pengaruh penyuluhan  terhadap pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS dengan nilai p value = 0,000 <0,05.Referensi
Anna, DM 2015.Kuesioner Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Penyakit HIV/AIDS di SMPN 2 Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Arsyad, A 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grofindo Persada
Asdie, A. ed 2012. Harrison Prinsip - prinsip Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta: EGC.
Ayuningsih, N 2015. Pengaruh Penyuluhan tentang HIV/AIDS terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa di SMA Negeri 1 Manado. Skripsi Ilmiah. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.
Azwar, S 2007. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Departemen Kesehatan RI 2009. Estimasi Populasi Dewasa Rawan Terinfeksi 20 HIV 2009. Direktorat Jenderal PP dan PL, 2010.
Depkes RI 2013. Kasus HIV/AIDS di Indonesia. Diambil pada 27 Juni 2017 dari www.DepkesRI.co.id.
Dinkes 2015. Statistik Kasus AIDS di Kota Batam. Ditjen Pengedalian Penyakit & Penyehat Lingkungan Dinkes Kota Batam. Batam.
Ditjen PP & PL Kemenkes RI 2014. Statistik Status HIV/AIDS di Indonesia. Diakses 20 April 2016 dari http://spiritia.or.id.
Djoerban, Z dan Djauzi, S 2014. HIV/AIDS di Indonesia. Dalam: Sudoyo, AW., dkk,. ed. Buku Ajar Penyakit Dalam ed.VI. Jakarta: Inerna Publising.
Ikatan Dokter Anak Indonesia Indonesian Pediatric Society. 2013 Buku Indonesia Menyusui [internet].; cited 2014 jan13] Avaliable from http://idai.or.id.
Kemenkes 2011. Pelatihan Konseling dan Tes Sukarelawan HIV. Jakarta.
MFMER (Mayo Foundation for Medical Education and Research). HIV/AIDS. Diambil pada 30 Juni 2017 dari http://www.mayoclinic.com.
Muharmansyah 2011. Pengaruh Penndidikan Kesehatan Melalui Small Group Discussion terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Penyakit Menular Seksual diSMA Islam 1 Sleman Yogyakarta. STIKES’AISYIYA H: Yogyakarta.
Murtiastutik, D 2008. HIV & AIDS. Buku Ajar Infeksi Menular Seksual. Surabaya : Airlangga University Press.
Notoatmodjo, S 2010. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka
Cipta. Rahayu, D 2015. Pengaruh penyuluhan HIV/AIDS terhadap sikap pencegahan HIV/AIDS pada murid SMK Ma’arif Yogyakarta.
Riyanto 2010. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rumengan, J 2010. Metodologi peneitian dengan SPSS. Batam: Uniba Press.
Sudoyo, AW, dkk 2014. Buku Ajar Penyakit Dalam edisi VI. Jakarta: Interna Publishing.
Susanti, E 2014. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang HIV/AIDS
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.