HUBUNGAN SARAPAN DAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMAN 12 BATAM TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.37776/jizp.v1i3.707Abstrak
Laporan Balitbang 2011 mengenai survei yang dilakukan Trends in Mathematic and Science Study (TIMSS) pada tahun 2007 bahwa prestasi siswa Indonesia berada di ranking ke-36 dari 49 negara. Prestasi belajar sangat erat kaitannya dengan konsentrasi belajar. Konsentrasi belajar dipengaruhi salah satunya oleh kalori sarapan di pagi hari, karena sarapan yang kalorinya cukup akan memenuhi kebutuhan tubuh sehingga dapat melakukan metabolime secara optimal untuk menghasilkan bahan bakar bagi otak dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan sarapan dengan konsentrasi belajar pada siswa/i kelas VII di SMPN 12 Batam tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VII di SMPN 12 Batam tahun 2017 sebanyak 214 orang. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 163 orang dengan teknik simple random sampling. Sarapan pagi diukur dengan menggunakan kuesioner, sedangkan konsentrasi belajar diukur dengan concentration grid exercise. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi square.Pada siswa/i kelompok dengan konsentrasi belajar baik-sangat baik didapatkan 43 siswa, 27 siswa (13,7%) diantaranya mendapat asupan energi sarapan yang baik, 13 siswa (13,7%) mendapat asupan energi sarapan kurang dan 3 siswa (10,3%) mendapat asupan energi sarapan sangat kurang. Sedangkan dari 120 siswa dengan konsentrasi belajar sangat kurang-cukup terdapat 12 siswa (30,8%) mendapat asupan energi sarapan baik, 82 siswa (86,3%) mendapat asupan energi sarapan kurang, dan 26 siswa (89,7%) mendapat asupan energi sarapan sangat kurang. Hasil uji hipotesis dengan tingkat kesalahan alpha 0,05 didapatkan nilai p = 0,000, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.Ada hubungan yang signifikan antara sarapan dengan konsentrasi belajar pada siswa/i kelas VII di SMPN 12 Batam tahun 2017.Referensi
Almatsier, Sunita. 2004. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Aryanti. 2005. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kebiasaan Sarapan Pagi pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Limus Lunggal III, Cileungsi, Bogor. Skripsi FKM UI. Depok.
Departemen Kesehatan. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang. Diunduh dari http://gizi.depkes.go.id tanggal 12 Juni 2017.
Gunawan. 2008. Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Status Gizi Anak Sekolah Dasar. www.wijoyo-.
Hakim, Thursan. 2003. Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Jakarta: Puspa Swara.
Judarwanto, W. 2008. Perilaku Makan Anak Sekolah. Diunduh dari http://www.gizi.net tanggal 12 Juni 2017.
Khomsan, A. 2010. Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.
Lentini. 2014. Hubungan Kebiasaan Sarapan dan Status Hidrasi dengan Konsentrasi Berfikir pada Remaja di SMK Batik 2 Surakarta.
Lestari, Y. S, 2011. Hubungan Antara Makan Pagi Dengan Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar SDN Mangaliawan. Jurnal. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang.
Moehji, S. 2009. Ilmu Gizi 2. Jakarta: Papas Sinar Sinarti.
Muchtar, M, dkk. 2011. Sarapan dan Jajan Berhubungan dengan Kemampuan Konsentrasi pada remaja. Jurnal Gizi Klinik Indonesia 8 (1): 28-35.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohayati. 2001. Perilaku Makan Pagi dan Jajan Anak Sekolah Penerima PMT AS di Daerah Pantai dan Pegunungan Provinsi NTT. Skripsi. Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.
Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siagian, Augusta B . 2008. Biasakan Sarapan, Itu Penting. http://www.inilah.com/berita/2008/06/21/34504/biasakan-sarapan –itu-penting.html.
Siswanto, dkk. 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran, Jakarta: Pustaka Ilmu.
Suntari, dkk. 2012. Hubungan Kalori Sarapan dengan Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Sekolah di SD Negeri 3 Canggu Tahun 2012.[Jurnal]. http://jurnal.untan.ac.id Diunduh tanggal 20 Juni 2017.
Triyanti. 2009. Perilaku Makan Pagi dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Siswi Sekolah Menengah Pertama di SMPN 2 Depok.
Yuhan Winata, Hendy. 2015. Hubungan Perilaku Sarapan dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Tahun Ketiga Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Yulfida. 2001. Pengetahuan, Sikapserta Praktek Konsumsi Sarapan Pagi dan Makanan Jajanan Anak Sekolah di SD PMT AS dan SD Non PMT AS. Skripsi. Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.