PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK
Abstrak
Perkembangan adalah perubahan psikofisik sebagai akibat dari proses pematangan fungsi psikis dan fisik tangan anak, yang didukung oleh faktor lingkungan dan proses belajar pada waktu tertentu menuju kedewasaan (Kartono, 1982). Para ahli memandang bahwa anak usia dini merupakan masa yang paling fundamental untuk perkembangan selanjutnya. Masa ini juga dipandang sebagai masa keemasan, masa peka atau masa peka, masa prakarsa dan prakarsa, serta pengembangan diri. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak adalah lingkungan. Yang dimaksud dengan lingkungan adalah semua orang/manusia lain yang mempengaruhi kita. Pengaruh lingkungan sosial adalah sesuatu yang kita terima secara langsung, seperti dalam interaksi sehari-hari dengan orang lain, dengan keluarga kita, teman-teman kita, dan sebagainya. Dan ada yang tidak langsung seperti melalui radio, televisi, dengan membaca buku, majalah, koran, dan sebagainyaUnduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Shintya Nabilla, David Desmon
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.