HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP BIDAN TENTANG KONSULTASI ONLINE DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PELAYANAN ANTENATAL CARE ( ANC )

Authors

  • Sharifah Diana Universitas Batam
  • Arum Dwi Anjani Universitas Batam
  • Tri Ribut Sulistyawati Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/zkeb.v15i1.1661

Abstract

The frequency of prenatal care visits (ANC) is determined by a number of factors, including age, the distance between the home and the independent midwife practice, and boredom during the examination line wait. Online consultations are one approach for increasing prenatal care (ANC) visits. Online consultation is medical services that facilitate communication between patients and midwives via social media platforms like WhatsApp by utilizing technology and electronic information. The researcher employed a questionnaire as the research instrument, which was given to all 19 independent practice midwives in the Batam Kota district. Based on the findings of the bivariate and univariate analysis that were assessed using Chi-Square, specifically (0.0001 <0.05), the results indicated that midwives' attitudes toward online consultation and knowledge were related to an increase in prenatal care service visits (ANC). The research's findings suggest that in addition to allowing technology to more widely personalize midwife branding, midwives need to keep up with technological advancements in order to compete both domestically and globally.

References

Almas, N dan Nanda, P. (2021). Marketing 4.0 dalam Pelayanan Kesehatan: Tinjauan Literatur terhadap Transformasi Digital dan Strategi Pemasaran: Literature Review. Citizen-Based Marine Debris Collection Training: Study Case in Pangandaran, 2(1), 56–61.

Amalia, S dan Sulistyorini, Y. (2022). Identifikasi Sistem dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Kunjungan Antenatal Care. 4(2), 116–123.

Anggraeny, W dan Latifah, N. (2022). Sistem Informasi Pelayanan Kb, Monitoring Dan Penanganan Keluhan Peserta KB Berbasis Web Dengan Notifikasi Whatsapp. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.24176/sitech.v5i1.7632

Apriliani, I. M dan Purba, N. P. (2021). Efektivitas Media Edukasi Tentang Preeklamsia Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil. Efektivitas Media Edukasi Tentang Preeklamsia Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil, 2(1), 56–61.

Arfiyandi, M dan Irmawati, B. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Antenatal Berbasis Web. x(36).

Arisonaidah, Y dan Harnani, Y. (2022). Efektifitas Kelas Ibu Hamil Melalui Aplikasi WhatsApp Terhadap Pengetahuan Tentang Tanda Bahaya Kehamilan. Journal of Midwifery Sempena Neger, 2(2), 66–73.

Aulia, T. (2020). Pengaruh Intervensi Berbasis Internet Pemberian ASI. 1(1), 21–39. https://doi.org/10.5455/nutricia.v2i5.2975

Azwar, S. (2020). Sikap Manusia Teori dan Pengukuran. November, 51–63.

Chaniago, A dan Listiarini, U. (2024). Langue Attitude Bidan Pada Ibu Hamil Terhadap Kepatuhan Kunjungan Anc Di Klinik PMB Erni Naibaho. 2(1), 55–61.

Darsini dan Fahrurrozi. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.

Dartiwen dan Nurhayati, Y. (2019). Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan (Edisi Pert). Cv. Andi Offest.

Dinas Kesehatan Batam. (2023).

Erlindai, E dan Valentina, V. (2021). Pengaruh Pemberian Informasi Kesehatan Menggunakan Media Whatsapp Dalam Meningkatkan Dukungan Suami Terhadap Antenatal Care Pada Ibu Hamil Di Kecamatan Padangsidempuan Utara. JurnalMaternitasKebidanan,6(1),1–7https://doi.org/10.34012/jumkep.v6i1.1374

Etty, C. R. dan Damanik, E. (2023). Antenatal care dalam mempersiapkan ibu bersalin normal. Journal Abdimas Mutiara, 5(1), 60–63.

Evert, P. (2020). Komunikasi Interpersonal Dalam Konsultasi Dokter Estetika Dengan Pasien Melalui Media Sosial Whatsapp. Komunikasi Interpersonal Dalam Konsultasi Dokter Estetika Dengan Pasien Melalui Media Sosial Whatsapp, 1(2), 127–136.

Gayatri, D. (2020). Mendesain Instrumen Pengukuran Sikap. Jurnal Keperawatan Indonesia, 8(2), 76–80. https://doi.org/10.7454/jki.v8i2.151.

Ginting, D. C. A dan Nurbaiti, N. (2024). Analisis Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Interaksi Sosial di Era Digital. PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 22–29.

Handayati, R dan Harsono, M. (2021). Implementasi Sumber Daya Manusia Melalui Peran Work Ethic: Attitude Dan Character. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 57–65. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.13144

Hendrawan, A. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tenaga Kerja Pt’X’ Tentang Undang-Undang Dan Peraturan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jurnal Delima Harapan, 6(2), 69–81. https://doi.org/10.31935/delima.v6i2.76

Herdiani, F. D. (2021). Survey Design : Cross Sectional da. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.22437/jiituj.v5i1.12886

Hidayani, W. R dan Nurqolbi, R. (2022). Edukasi Kesehatan melalui Whatsapp tentang Deteksi Dini Anemia Kehamilan pada Ibu Hamil di Desa Cikunir. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(10), 3408–3417. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i10.6965

Huda, I. U dan Karsudjono, A. J. (2022). Perkembangan Aspek Sikap Sosial dan Adat Istiadat Masyarakat Adat Dayak Meratus di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 605–628.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu 2020 E. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: Vol. III (Issue 3). https://repository.kemkes.go.id/book/147

Karo. (2021). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Masyarakat Terhadap Pandemi.

Khansana, N dan Sodik, A. (2022). Media Sosial Sebagai Media Promosi Kesehatan.

Kusumadewi, S dan Kurniawan, R. (2021). Edukasi Masyarakat Tentang Pemanfaatan Aplikasi Kesehatan Online Melalui Partisipasi Pengembangan Sistem Informasi. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 337. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.8597

Kusumawardani, V dan Handayani, N. (2024). Efektivitas Konsultasi Online di Puskesmas Pondok Betung Kota Tangerang Selatan Varadella Kusumawardhani. 9(1), 184–194.

Larassati, R dan Hanoum, S. (2024). Telemedicine Sebagai Portal Komunikasi Untuk Konsultasi Kesehatan Jarak Jauh. Action Research Literate, 8(1), 139–144. https://doi.org/10.46799/arl.v8i1.231

Maulana, R dan Ibrahim, F. (2023). Sistem Informasi Pemesanan Layanan Kesehatan Kebidanan Berbasis Progressive Web App pada Klinik Bidan Care Midwifery Health Service Booking Information System Based on Progressive Web App at Bidan Care Clinic. 8(November), 1–9.

Mulyati, I. (2020). Pengaruh Kelas Persiapan Dengan Whatsapp Grup Pada Ibu Hamil Trimester III Terhadap Kecemasan Dalam Menghadapi Persalinanan Di PMB Bidan N Kota Bandung Tahun 2020. 8(2), 220–230.

Nabila, M., Yulianti, N., Amelia, D., Studi, P., Kebidanan, S., Tinggi, S., Kesehatan, I., Kemuliaan, B., Pusat, J., Sakit, R., Kemuliaan, B., & Pusat, J. (2022). Perbedaan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Dalam Pemberian Media Konseling Dengan Modul Ibu Hamil Trimester 2 Tentang Nutrisi Dalam Whatsapp Grup Differences Knowledge Level and Attitude in Counseling Media ( Modules ) for Pregnant Women on Nutrition in Grou. 1(2), 1–8.

Nufus, H dan Mariam, M. (2023). SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1275--1289.

Nur, H. (2023). Kata Kunci : Akses Informasi, Akses Pelayanan, Kunjungan ANC. 1–14.

Nurcandrani, P dan Munsaidah, Y. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Antenatal Care Terpadu sebagai Tools KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) pada Puskesmas Purwokerto Utara II. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 2(1), 13. https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1425

Nuryani, E dan Hasanah, H. (2024). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pasien Berbasis WEB Pada Klinik Yakrija Jakarta Barat . 02(2504), 1–9.

Octaviana, Dila, R dan Ramadhani, R. (2021). Hakikat Manusia : Pengetahuan, Ilmu Pengetahuan, Filsafat dan Agama. 2(2), 3–6.

Payumi dan Imanuddin, B. (2021). Hubungan Penerapan Sistem Informasi Terhadap Keberhasilan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Wilayah Kerja Puskesmas Sepatan Tahun 2020. Jurnal Health Sains, 2(1), 102–111. ttps://doi.org/10.46799/jhs.v2i1.79

Pratama. (2023). Sejarah dan Kegunaan Whatsapp : Revolusi Aplikasi Pesan Instan. 2023.

Profil kesehatan Kepulauan Riau tahun.(2020)

Profil kesehatan Kepulauan Riau tahun.(2022)

Puspitarini, D. S dan Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.JurnalCommon,3(1),71–80.https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Putra, S dan Syahran J, M. (2021). Penerapan Prinsip Dasar Etika Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27876–27881.

Reptianingsih, D dan Safitri, S. (2023). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Rachim, D. P dan Silvia, I. (2023). Manajemen Pelayanan Kebidanan Berbasis Kemitraan pada Antenatal Care: LITERATURE REVIEW. Journal of Andalas Medica JAM 2023 Journal of Andalas Medica, 1(1), 50. https://jurnal.aksarabumiandalas.org/index.php/jam

Ratnasari, L. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesetan Via Online Degan Media E-Booklet Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Dalam Preeklamsia Di PMB Theresia Ose Sili. Repository.Ub.Ac.Id. http://repository.ub.ac.id/156014/1/SATRIYO IHSAN RADITYO.pdf

Ridwan, M dan Syukri, A. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96

Ritonga, P dan Siburani, D. (2023). Edukasi Tentang Hypnobirthing dan pemanfaatan Whatsapp Group Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Hypnobrtihing. September, 5124–5139.

Riyanto, S dan Hatmawahan, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantatif (Edisi 1). Cv. Budi Utama.

Roni, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bidan Terhadap Kepuasan Pasien KIA di Puskesmas Pangenan Kabupaten Cirebon. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1(3), 60–65. https://doi.org/10.36312/jcm.v1i3.189

Sartika, D. (2020). Melihat Attitude and Behavior Manusia Lewat Analisis Teori PlannedBehavioral. Journal of Islamic Guidance and Counseling, 4(UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi), 51–70.

Sihotang, H. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Pusat Penerbitan dan Pencetakan Buku Perguruan Tinggi Universitas Kristen Indonesia Jakarta. http://www.nber.org/papers/w16019

Silvian, M dan Faraswati, R. (2022). Pemanfaatan Teknologi Oleh Bidan Dalam PelayananTelemedis Di Bidang Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 15(1), 43.

Situmeang, I. (2021). Hakikat Filsafat Ilmu dan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1)

Profil kesehatan Kepulauan Riau tahun.(2022).

Roni, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bidan Terhadap Kepuasan Pasien KIA di Puskesmas Pangenan Kabupaten Cirebon. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1(3), 60–65. https://doi.org/10.36312/jcm.v1i3.189

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sharifah Diana, Arum Dwi Anjani, & Tri Ribut Sulistyawati. (2024). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP BIDAN TENTANG KONSULTASI ONLINE DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PELAYANAN ANTENATAL CARE ( ANC ) . Zona Kebidanan: Program Studi Kebidanan Universitas Batam, 15(1). https://doi.org/10.37776/zkeb.v15i1.1661

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)