HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU BIDAN PRAKTEK MANDIRI TERHADAP PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATU AJI KOTA BATAM TAHUN 2017

Authors

  • Rima Dewi Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Batam
  • Prasida Yunita Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/zkeb.v8i1.33

Abstract

One of the Indonesian government programs organized by the Ministry of Health is the pregnancy class for prenatal mothers attempted to enhance their knowledge as well as to change the attitude toward the childbirth process. The most common activity in a pregnancy class is discussing their guide book on delivery process. The purpose of this study to determine the correlation of the independent midwives’ knowledge levels and attitude on their pregnancy classes performance, mainly the ones at the service area of Batu Aji Health Center. As the research design, the researchers used cross-sectional approach to investigate 41 independent midwives as the respondents. The data was analyzed by Chi-Square statistical test. The result presents that 39% midwives have lack of knowledge on conducting the pregnancy class and 41.5% of them show less appropriate attitude on guiding the pregnancy class, besides, it is also found that 20% the performance of the pregnancy class they handled is still low. The Chi-Square test obtains the correlations by p-value = 0.017 for knowledge of the midwives and the class performance and p-value = 0.000 for the attitude of midwives and the class performance. Therefore, based on the findings, it can be concluded that the pregnancy classes handled by the independent midwives are considered to have low quality standard. For this reason, it is suggested that the independent midwives have to boost and advance their knowledge as well as attitude in coaching the pregnancy class in the future to be better.

Author Biographies

Rima Dewi, Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Batam

Program Studi Kebidanan 

Prasida Yunita, Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Batam

Program Studi Kebidanan 

References

Alimun Hidayat, A.A.2008.Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data.Jakarta:Salemba Medika

________.2007.Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data.Jakarta:Salemba Medika

Arikunto,Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian,Rineka Cipta, Jakarta.Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2010. “Reliabilitas dan Validitasâ€. Yogyakarta: Jurnal Edukasi@Elektro Vol.5, No.1,. Agustus 2017

Budiarto,Eko. 2004.Metodologi Penelitian Kedokteran sebuah pengantar. Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta. Cetakan Pertama

Buku pegangan fasilitator Kelas Ibu Hamil ( Kemenkes RI tahun 2012 )

Buku pegangan pelatih fasilitator kelas ibu ( Kemenkes RI tahun 2012 )

Chandra,Budiman. 1995.Pengantar Statistik Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta. Cetakan Pertama

Depkes RI. 2012. Pedoman Pelaksaanan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat

Dinas Kesehatan Kota Batam.2013.Profil Dinas Kesehatan Kota Batam Tahun 2013.Pemerintah Kota Batam

Departemen Gizi FKM Unair, Surabaya.â€Hubungan Tingkat Pendidikan, Tingkat Pengetahuan, dan Pola Asuh Pada Balita Keluarga Miskinâ€. ejournal.unair.ac.id/index.php/MGI/article/view/3131.Agustus 2017

Fatimah, Rajab,dkk. 2009. Langkah Mudah Membuat Usulan Proporsal KTI dan Laporan Hasil KTI. CV.Trans Info Media. Jakarta. Cetakan Pertama

Fuada,Setyawati.2015.â€posisi Kelas Ibu Hamil“.http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/kespro/article/view/4745.Vol.6No.2, Agustus 2017

Hasan,Iqbal. 2008. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. PT Bumi Aksara. Jakarta. Cetakan Kedua

Kemenkes RI. 2012 Buku Pedoman Pelaksanaan Kelas ibu Hamil

________. 2006. Buku Pedoman Pemantauan Wilayah setempat (PWS). Bina Kesehatan Masyarakat Depkes RI. Jakarta

Kusumaningsih,Tri puspa.2013.â€Gambaran pelaksanaan kelas ibu hamil di wilayah Puskesmas padureso kabupaten kebumenâ€.Agustus2017

Nisauddyni.“Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Keikutsertaan Dalam Kelas Ibu Hamilâ€. https://griyahusada.id/files/E-Journal/JurnalTingkatPengetahuaIbudenganKeikutsertaandalamkelasibuhamil.pdf.Vol.2, Agustus 2017

Notoatmodjo, S. 2002. Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Rineka Cipta. Jakarta. Cetakan Ketiga

_________. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta. Cetakan Pertama

_________. 2003. Prinsip-Prinsip Ilmu kesehatan Masyarakat. Rineka Cipta. Cetakan Kedua

_________. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta. Cetakan Ketiga

_________. 2005. Promosi kesehatan Teori dan Aplikasi. Rineka Cipta. Jakarta.Cetakan Pertama

________ . 2007. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.Jakarta. Cetakan Pertama

Nur Elly.2013. “Pemanfaatan Buku KIA Sebagai Materi Penyuluhan Dalam Pelayanan Antenatal Oleh Bidan Puskesmas di Kota Bengkuluâ€.http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KAB_KOTA_2013/1771_Bengkulu_Kota_Bengkulu_2013.pdf,agustus 2017

Provinsi Kepulauan Riau, 2012.Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau.Tanjung Pinang:TIM Penyusun

Ratna, 2010.†Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Resiko Kanker Payudara Indahâ€. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/fkik.pdf, 02 agustus 2017.

Sibagariang,Eva. 2010. Buku Saku Metodologi Penelitian Untuk Mahasiswa Diploma Kesehatan. CV.Trans Info Media. Jakarta. Cetakan Pertama

Sugiono.2008.Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D.Bandung:Alfabet

Sugiarti.2012“Upaya Pemberdayaan Ibu Hamil Untuk Deteksi Resiko Tinggi Kehamilan Trimester Satu .“journal.unair.ac.id/download-fullpapers-phe84e4bef07full.pdf.Vol 9 No.1, Agustus 2017

Downloads

Published

2019-02-24

How to Cite

Dewi, R., & Yunita, P. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU BIDAN PRAKTEK MANDIRI TERHADAP PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATU AJI KOTA BATAM TAHUN 2017. Zona Kebidanan: Program Studi Kebidanan Universitas Batam, 8(1). https://doi.org/10.37776/zkeb.v8i1.33

Issue

Section

Articles