HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP INDEKS PRESTASI MAHASISWA TINGKAT II JURUSAN D-III KEBIDANAN UNIVERSITAS BATAN TAHUN 2017

Authors

  • Rika Decita Putrianti Universitas Batam
  • Silvia Mona Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/zkeb.v8i2.354

Abstract

Patterns of family communication as a form of interaction between parents and children and between family members have an implication to the process of emotional development. Meanwhile, time management is one of the important approach in achieving academic achievement. The purpose of this research is to know the correlation of communication pattern and time management toward student achievement ondex, the research method is analytic, using cross sectional design. Populais research is a student level II, conducted in May 2017. Sampling in total sampling sebanayak 38 respondents. The result of this research is 5 respondents (13,2%), communication pattern is not good with GPA 3 respondent (7,9%) and communication pattern good 33 responden (84,3%) with GPA 35 respondent (92,1%) poor management time 6 respondents (15,8%) with GPA 3 respondent (7,9%) and good time management 32 respondents (84,3%) with GPA 35 respondent (92,1%). The conclusion of this research is there is no significant relationship between family communication pattern and time management toward student achievement index. 

Author Biographies

Rika Decita Putrianti, Universitas Batam

Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran

Silvia Mona, Universitas Batam

Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran

References

Abu Ahmadi & Widodo Supriyono, 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Anjani Sutri, 2015.Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Pengetahuan Akuntansi Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa : (Universitas Maritim Raja Ali).

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azhar Arsyad, 2013. Media Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Claessens BJC, Van Eerde W, Rutte CG & Roe RA, 2015. Sebuah Tinjauan Literatur Manajemen Waktu. Personil Reviem.

Diminarni, 2013.Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar Dan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Kumulatif . Jawa Timur : Universitas Pembangunan Nasional.

Erli Zainal, 2015.Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan DIII Kebidanan Politeknik Kesehatan Bengkulu. Bengkulu : POLTEKKES BENGKULU.

Ghozali, Iman. 2012. Metode Laternatif Dengan Partial Least Square (PLS). Semarang : Universitas Diponogoro.

Herawati, 2013. Hubungan Antara Komunikasi Keluarga Dengan Motivasi Menyelesaikan Studi, Surakarta : Fakultas Psikologi UMS.

Hidayat, Aziz Alimul. 2013. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.

Idawati, 2014. Hubungan Antara Pola Komunikasi Orangtua Dengan Pembentukan Konsep Diri Pada Anak, Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala Darussalam.

Kathie Permatasari K, 2012. Manajemen Waktu Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Bekerja : Jurnal.

Khairani, 2014. Hubungan Pola Komunikasi Keluarga Dengan Prestasi Belajar Anak, Banda Aceh : Universitas Syahkoala Darussalam.

Mazahera MA, 2015. Examining The Effect Of Parental Control Over Education and Social Communicative Behaviors Of Students: Final Research Project Report For The Ministry Of Science.

Murjono, 2012. Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Tugas Guru Terhadap Presentasi Belajar Studi Matematika : Jurnal Anima.

Murjono, 2014. Intelegensi Dalam Hubungan Dengan Prestasi Belajar,: Jurnal Anima.

Nadziruddin, 2013. Faktor Internal Yang Berkontribusi Terhadap Pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif . Bandung : UNPAD.

Nana Sudjana, 2012. Dasar-Dasar Dan Proses Belajar Dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algasindo.

Nana Saodih Sukmasinata, 2013. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nanang Martono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi Dan Analisa Data. Jakarta : Radja Grafindo Persada

Notoatdmodjo Soekidjo, 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Renika Cipta

Notoatdmodjo Soekidjo, 2013. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Novita Afriani, 2012. Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Berwirausaha. Surakarta : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah.

Santoso Edi dan Mite Setiansah, 2013. Teori Komunikasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sardiman A.M, 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Radja Grafindo Persada

Saryono, 2012. Metodologi Penelitian Kebidanan. Yogyakarta : Nuha Medik

Sastriani. 2013. Komunikasi Keluarga Dan Motivasi Belajar Pada Ibu Yang Melanjutkan Pendidikan. Depok : Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia.

Siswanto dkk, 2013. Metodologi Penelitian Kesehatan Dan Kedokteran. Yogyakarta: Bursa Ilmu.

Srijanti, P & P Artiningrum, 2014. Membangun Sikap Profesinalisme Sarjana. Jakarta : Graha Ilmu.

Sunarto dan Hartono, 2014. Pengantar Sosiologi, Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sujarweni, V. Wiratna, 2014. Metodologi Penelitian Keprawatan. Yogyakarta : Gava Media

Wiratna, 2015. Intelegensi Dalam Hubungan Dengan Prestasi Belajar : Jurnal

Zubaedah, Zulaekha, 2013. Hubungan Pola Komunikasi Orangtua Dengan Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik Anak Usia Sekolah, Semarang : Universitas Diponogoro

Downloads

Published

2021-02-15

How to Cite

Putrianti, R. D., & Mona, S. (2021). HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP INDEKS PRESTASI MAHASISWA TINGKAT II JURUSAN D-III KEBIDANAN UNIVERSITAS BATAN TAHUN 2017. Zona Kebidanan: Program Studi Kebidanan Universitas Batam, 8(2). https://doi.org/10.37776/zkeb.v8i2.354

Issue

Section

Articles