HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN FINGER PAINTING DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH
Abstract
Motorik halus pada anak prasekolah sering kali menjadi masalah tenaga kesehatan atau orang tua, atau guru yang lebih memfokuskan pada perkembangan motorik kasar saja, sehingga sering tertipu yang dianggap normal pada perkembangan motorik terhadapat kemampuan intelektual anak ternyata harapan palsu, sedangkan perkembangan motorik halus bukan merupakan indikator kekampuan intelektual anak, kemampuan intelektual anak dapat dilihat pada perkembangan bahasa, kemampuan masalah, selain itu perkembangan motorik halus kurang di perhatikan, padahal motorik halus merupakan indikator yang lebih baik dari pada motorik kasar, dalam diagnosis gangguan motorik halus pada anak.Metode penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Taman Kanak-Kanak X Kota Batam pada bulan januari. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 35 anak. Hasil penelitian dianalisis dengan Chi Square. 15 siswa (78,9%) yang tidak mampu melakukan kegiatan finger painting memiliki kemampuan motorik halus tidak sesuai, sebanyak 3 siswa (18,8%) yang mampu melakukan kegiatan finger painting memiliki kemampuan motorik halus tidak sesuai, sebanyak 4 siswa (21,1%) yang tidak mampu melakukan kegiatan finger painting memiliki kemampuan motorik halus sesuai, sebanyak 13 siswa (81,3%) yang mampu melakukan kegiatan finger painting memiliki kemampauan motorik halus sesuai. Setelah dilakukan analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi Square didapatkan hasil nilai p value = 0,001 terdapat hubungan antara kegiatan finger painting dengan kemampuan motorik halus pada siswa prasekolah Taman Kanak-kanak X Kota Batam. Terdapat hubungan antara Kegiatan Finger Painting dengan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Prasekolah di Taman Kanak-Kanak X Kota BatamDownloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Cevy Amelia, Rini Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manuskrip yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Ilmiah Zona Psikologi. Setelah manuskrip telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta ke alamat redaksi Jurnal Ilmiah Zona Psikologi.