HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING DI SMP NEGERI 17 BATAM TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.37776/zkeb.v9i1.386Abstract
Nowadays, the raises of violent case which happen on student at school are apprehensively for teachers and parents. School should be the place for student to gain the knowledge and also place for shaping the positive character but in fact, it becomes the easiest places to expand the bullying practice. It brings anxiety for the students to enroll. This research aims to investigate the correlation of emotion regulation and bullying behavior tendency in SMPN 17 Batam. This research is using quantitative study design. The population involved 63 students. The data collecting technique is Systematic Random Sampling. The data was analyzed by using moment product correlation with SPSS program. The result of the research reveals that there is negative correalation of emotion regulation and bullying behavior tendency. It can be seen from r value -0,522 with significant point of 0,000 (p<0,01). The regulation emotion levels posses good qualification with 59 respondent (93,7%) and the low tendency of bullying behavior shows 60 respondent (95,2%). The determination coefficient resulted (r2) that the regulation of emotion only give 27,2% toward the bullying behavior tendency.References
Annisa. 2012. Hubungan Antara Pola Asuh Ibu dengan Perilaku Bullying remaja, diakses 16 Juli 2017, lib.ui.ac.id/file?file=digital/20300340-S42001-Annisa.pdf
Annisa, Nia. 2015. Regulasi Emosi Ditinjau dari Kepribadian Ekstravensi pada Guru Sekolah Biasa, diakses 10 April 2017,http://repository.uin-suska.ac.id
Anonim, New Global Data Expose Actue Prevalence of Violence Again Children : UNICEF, 4 September 2014, http://www.unicef.org/media/media_75530.html
Ariani, Ayu Putri, 2014. Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Nuha Medika.
Arifuddin, Lathis Moh, 2015, Regulasi Emosi Pecandu Game Online, diakses 11 April 2017, http://digilib.uninsby.ac.id
Djamalu, Nassir M. 2014. Perilaku Bullying antar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo, diakses 10 April 2017, http://repository.ung.ac.id.
Ellisyani, Nanda Diti .2016. Regulasi Emosi pada Korban Bullying di SMA Muhamdiyyah 2 Palembang, diakses 10 April 2017.http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis/article/view/1057/891
Fajrin, Ahmad Nur, 2013. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMK PGRI Semarang.diakses 10 April 2017, http://jurnal.unimus.ac.id
Fithria, Rahmi Aulia, 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Bullying.Diakses 28 Juni 2017, http://ww.jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/6440/5277
Hairani, Lia. 2015. Pengaruh Persepsi Iklim Sekolah terhadap Kecenderungan Bullying pada Siswa SMA X Medan, diakses 10 April 2017.http://repository.usu.ac.id
Ikhsan, M. Kasus Kekerasan di SMK Kelautan dan Perikanan, Bikin Orangtua Khawatir, 04 Maret 2015, www.batam.tribunnews.com/2015/03/04/kasus-kekerasan-di-dmk-kelautan-dan-perikanan-bikin-orangtua-khawatir
Istiqomah, Adinda 2014, Regulasi Emosi Ibu yang Mempunyai Anak Autis, diakses 11 April 2017, http://digilib.unisby.ac.id
Khoerunisya, Anna Dwi, 2015, Hubungan Regulasi Emosi dengan Rasa Nyeri Haid (Disminorea) pada Remaja, diakses 11 April 2017, http://lib.unnes.ac.id/21911/1/1511411005/html
Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Kepulauan Riau (2015).Data Kasus Ditangani KPPAD KEPRI Tahun 2011-2015, diakses 09 April 2017, www.kppadkepri.or.id/data-kasus-ditangani-kepri-tahun-2011-2015/
KPAI, Dyah Ratna Meta Novia dkk.Aduan Bullying Tertinngi, diakses 10 April 2017, www.republika.co.id/berita/koran/halaman-1/14/10/15/ndh4sp-aduan-bullying-tertinggi
Mawardah, Mutia. 2010, Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Kecenderungan Perilaku Bullying.diakses 10 April 2017, http://eprints.binadarma.ac.id/3062
Nurhadi, M.dr.Dr (2014). Pendidikan Kedewasaan Dalam Perspektif Psikologi Islam.Yogyakarta: Deepublish
Permadani, Dwi L, 2016. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Bullying Kelas XI IPS SMA NEGERI 4 Kediri, https://simki.IP2m.UNP-Kediri.ac.id
Puspitasari, Izza Fahmi, 2015, Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Remaja, diakses 09 April 2017, http://eprints.ums.ac.id/36752/1/02
Putri, Hertika Nanda, 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Bullying pada Remaja.diakses 4 Juli 2017, http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMPSIK/article/view/8279
Qodar, Nafisyul, Survei ICRW:84% Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah, 15 Maret 2015,
http://news.liputan6.com/read/2191106/survei-icrw-84-anak-indonesia-alami-kekerasan-di-sekolah.
Rachmawati, Mira Aliza, 2010, Hubungan antara Iklim Sekolah dengan Kecedenrungan Perilaku Bullying, diakses 28 Juni 2017, http://setiabudi.ac.id/jurnalpsikologi/images/files/JUR NAL%201(1).pdf
Sari, Novrita Reni.2014. Hubungan Pemaafan dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Siswa Korban Bullying di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru.diakses 10 April 2017.
http://repository.uin-suska.ac.id/6174/1/FM.pdf
Sujarweni, Wiratna V, (2014), Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Surilena, 2016.Perilaku Bullying (Perundungan) pada Anaka dan Remaja, diakses 10 April 2017, www.cdkjournal.com
Syifa, IDL,2013. Hubungan antara Kualitas Attachment dengan Regulasi Emosi pada Remaja di SMA Yayasan Pandaan.diakses 10 April 2017, http://etheses. uin-malang.ac.id/742/1/10410055
Usman, Irvan. 2013. Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah dan Perilaku Bullying, diakses 10 April 2012, https://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/download.
Zahara, Fidia Hanan. 2015. Pengaruh Self Control, Komunikasi Interpersonal dan Pola Asuh Permisif Terhadap Adiksi Game Online pada Remaja, diakses 17 April 2017. http://repository.uin-suska.ac.id
Zaimi, Hendra. KPPAD KEPRI Prihatin Kasus Anak Bunuh Diri Meningkat, diakses 17 September 2013, www.batamtoday.com/berita33456-KPPAD-KEPRI-Prihatin-Kasus-Anak-Bunuh-Diri-Meningkat.html