HUBUNGAN KEYAKIANAN DIRI (SELF EFFICACY) DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D-III KEBIDANAN TINGKAT 1I DI UNIVERSITAS BATAM TAHUN 2017

Authors

  • Risqi Eka Sofhiani Universitas Batam
  • Risqi Utami Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.37776/zkeb.v8i3.382

Abstract

Self-efficacy (self-efficacy) is closely related to learning achievement. If a person has high self efficacy, he can rely on his ability to achieve high learning achievement. This study aims to determine the relationship between self efficacy with the achievement of D-III midwifery level II, Research conducted in April-July 2017 at the University of Batam. The population is a graduate student of II-grade obstetrics at the University of Batam. Sample of this research is total sampling amounted to 38 respondents. Result of research, from 38 students who have high self efficacy with very satisfying learning achievement as much as 33 people (86,8%) when seen from chi-square test got Ï-value <0,05. It can be concluded there is a relationship between self-confidence (self efficacy) with the achievement of D-III students of midwifery level II. The next research is expected to add the number of self-efficacy variables, learning achievement variables, the number of rsponden and a better place for new research to compare results.

Author Biographies

Risqi Eka Sofhiani, Universitas Batam

Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran

Risqi Utami, Universitas Batam

Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran

References

Anggraini, Latiffah Yunia. 2012. Prestasi Akademik Siswa Ditinjau Dari Prokrastinasi Dan Persepsi Anak Pada Pola Asuh Orang Tua Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Ariani.2014. Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Astuti, 2015. Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Universitas Indraprasta PGRI.

Bekti Dwi Ruliyanti. 2014. Hubungan Antara Self-Efficacy Dan Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Akademik Matematika Siswa Sman 2 Bangkalan. Unnesa

Cahyo,2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK N I Punggelan Banjarnegara. Universitas Negeri Semarang

Eksan, 2014. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Ernawati. 2012. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa PG Paud Fkip Universitas Riau (Model Penelitian Korelasi). Riau: Univesitas Riau

Fatimah, 2013. Self-Regulated Learning (SRL) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Malang: universitas Muhammadiyah Malang.

Hamdu, 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada tanggal 21 April 2017 dalam http://s3.academia.edu.documents/35968572/8Ghullam_Hamdu1.pdfPENGARUH_MOTIVASI_BELAJAR_SISWA_TERHADAP.pdf

Handayani, 2013. Hubungan Self Efficacy Dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Handayani. 2013. Hubungan Self Efficacy Dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Surabaya: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Hutagalung. D. D. (2014). “Hubungan Self Eficacy dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014â€. Batam. Universitas Riau Kepulauan.

Janatin. 2015. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Kurniawan, 2015. Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli Beserta Macamnya. Diakses pada tanggal 20 April 2017 dalam http://www.gurupendidikan.com/pengertian-prestasi-menurut-para-ahli-beserta-macamnya

Mukhid, 2009. Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya Terhadap Pendidikan.

Ningsih, 2014. Hubungan Keaktifan Belajar Mahasiswa Di Dalam Kelas Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Program Studi D-III Kebidanan. Batam: Universitas Batam

Notoadmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nugrahani, Ratri. 2013. Hubungan Self-Efficacy Dan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. Yogyakarta: Univesitas Negeri Yogyakarta

Nuriah. 2015. Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Riau: Universitas Riau

Ollaadzani, 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi self efficacy. Diakses pada tanggal 20 April 2017 dalam https://ollaadzani.wordpress.com/2012/03/30/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-self-afficacy/

Pabiban, 2007. Hubungan Antara Efikasi Diri dan Prestasi Akademik. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Pertiwi, 2015. Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Daerah Binaan IV Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap. Semarang: Universitas Negri Semarang.

Rosita, Dewi Siskana. 2012. Hubungan Self-Efficacy, Prestasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Klinik Dengan Kinerja Mahasiswa Praktek Klinik Kebidanan I Tahun 2012. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Sartika, 2012. Self Efficacy Perawat Dalam Penggunaan Sistem Informasi Keperawatan Di RSIA Bunda Jakarta. Universitas Indonesia.

Siagian, 2012. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. Diakses 21 April 2017 (http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/93/90)

Sugiyana, 2015. Pengaruh Self-Regulated Learning, Self-Efficacy dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Universitas Ahmad Dahlan

.

Sujono. 2014. Hubungan Antara Efikasi Diri (Self Efficacy) Dengan Problem Focused Coping Dalam Proses Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa FMIPA UnMul. Universitas Mulawarman

Suryatama, 2014. Hubungan Self-Efficacy Dan Self-Regulation Learning Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri I Ketahun. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Downloads

Published

2021-02-15

How to Cite

Sofhiani, R. E., & Utami, R. (2021). HUBUNGAN KEYAKIANAN DIRI (SELF EFFICACY) DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D-III KEBIDANAN TINGKAT 1I DI UNIVERSITAS BATAM TAHUN 2017. Zona Kebidanan: Program Studi Kebidanan Universitas Batam, 8(3). https://doi.org/10.37776/zkeb.v8i3.382

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>