HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D-III KEBIDANAN DI UNIVERSITAS BATAM
DOI:
https://doi.org/10.37776/zkeb.v9i3.585Abstract
 Emotional intelligence includes different but complementary abilities with academic intelligence. People will not be able to use their cognitive abilities according to their maximum potential without having emotional intelligence. This study aims to determine the relationship of intelligence with student achievement. This research is a quantitative research with cross sectional approach implemented in April-May 2017, the population is D-III Obstetrics University of Batam level I and II (62 people) with sampling technique Total Sampling. Then in the analysis using Chi Square test. The result of the research is the majority of students have a very good level of intelligence of 57 people (91.9%), student achievement index has a satisfactory achievement index of 58 people (93,5%) with p value 0,00,0,05. There is a relationship between emotional intelligence and student achievement. Suggestions are expected for students to be able to maintain emotional intelligence in order to influence learning achievement becomes much better.References
Abdullah, Rizki Aziz, 2015. Pemikiran Daniel Goleman Tentang Kecerdasan Emosional. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/rizki%20aziz%20abdullah.pdf
Anjani, A. D., & Puspita, S. D. (2019). sapa orang tua dengan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja. Jurnal Kebidanan Malahayati, 5(4), 389-395
Anjelita, Suci, 2014, Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di AKBID Sehat Medan Tahun 2014, diambil 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/suci%20anjaleta/Cover%20suci%20anjelita.pdf
Aulia, Devy Lestari Nurul. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Prilaku Remaja Putri Dalam Mengkonsumsi Tablet Besi (Fe) Selama MenstruasI. Jurnal Kebidanan Malahayati 3(3)
Ariani, Ayu Putri, 2014, Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi, Yogyakarta, Nuha Medika
Budi Erindra, 2009, Hubungan Kecerasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa program D-IV Kebidanan FK UNS. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/erindra%20eq%20pb.pdf
Dainty Maternity, S. S. T., Keb, M., & Anjani, A. D. (2018). ASUHAN KEBIDANAN NEONATUS, BAYI, BALITA, DAN ANAK PRASEKOLAH. Penerbit Andi.
Daud Firdaus, 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 3 Palopo. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/firdaus%20daud%20eq%20&pb.pdf
Fauziah, 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan prestasi Belajar Mahasiswa semestaer II Bimbingan Konseling UIN AR-RANIRY. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/fauziah%20eq%20&%20pb.pdf
file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/dewi%20kusumawati/cover%20dewi.pdf
Goleman. Emotional Inteligent. E-book
Hafsah, 2013. Pengaruh IQ dan EQ terhadap prestasi Pembelajaran Komputerisasi Akuntansi pada Mahasiswa jurusan akuntansi UMSU Medan. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/hafsah%20iq%20eq%20dan%20pb.pdf
Jayati, Mira, 2015, hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar mahasiswa semester iii akademi kebidanan universitas prima indonesia medan.. Diambil pada 20 Mei 2017. https://id.123dok.com/document/dzx252nq-hubungan-kecerdasan-emosi-dengan-prestasi-belajar-mahasiswa-semester-iii-akademi-kebidanan-universitas-prima-indonesia-medan.html
Kusumawati, Dewi, 2012, Hubungan kecerdasan emosional dengan Prestasi Belajar Pada Siswa kelas VIII SMP N 13 Surabaya, diambil 15April 2017.
Margasari, Naning dkk, Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Dengan Jenis Kelamin Dan Level Akademis. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/margasari%20dkk.pdf.
Maternity, Dainty; Ratna, DP; Devy, LNA. (2017). Asuhan Kebidanan Komunitas–Disesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Kebidanan. Penerbit Andi, Yogyakarta
Mukodri, 2014, Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi belajar pada siswa Kelas II SMK Kesehatan Bhakti Kencana Tasikmalaya diambil pada 15 April 2017, file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/dewi%20mey%20mukodri%20eq&pb.pdf
Mustika Ika, 2009. Hubungan antara Motivasi Menjadi Bidan dengan prestasi belajar Askeb pada Mahasiswa Program Studu Kebidanan. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/ika%20mustika.pdf
Notoadmodjo, Soekidjo (2010). Metode penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Qurniyawati, 2009, Hubungan Kecerasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa program D-IV Kebidanan FK UNS. Diambil pada 15 April 2017. file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/erindra%20eq%20pb.pdf
Rumengan, Jemmy. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Bandung : Cita pustaka Media perintis.
Sadiyah Munlifatun, 2014. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang. Diambil pada 15 April 2017.file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/hubungan%20eq%20dan%20ip%20munlifatun.pdf
Sulistiya Febri, Pengaruh Tingkat IQ dan EQ Terhadap prestasi Belajar Penjasorkes Siswa di SMPN Yogyakarta. Diambil pada 15 April 2017file:///F:/SKRIPSI/jurnal%20pendukung/eq%20ok%201%20febri%20sulistiya.pdf
Syarifah, 2013. Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar
pada mahasiswa D-IV kebidanan universitas batam.
Team Fme, 2014. Understanding emotional Inteligent. E-Book
Widodo, 2012. kecerdasan emosional dalam kepemimpinan dan organisasi. Jakarta ; Gramedia Pustaka utama